Pages

Pengalaman Ambil Uang Lewat Western Union

Tuesday, March 12, 2013

Ada yang punya pengalaman serupa? Di sini saya mau sekedar berbagi pengalaman mengambil dan mengirim uang via jasa money transfer agent bernama Western Union.
Saya pertama kali berurusan dengan Western Union (selanjutnya langsung saya sebut WU aja supaya nggak capek ngetiknya, hehe) sekitar 3 tahun lalu. Ada yang mengirim uang dari luar negeri dan meminta saya untuk mengambilnya di outlet WU. Saya pun lumayan bingung karena saat itu yang saya tahu cuma pengiriman uang lewat wesel Pos :D
Setelah googling akhirnya saya mendapat informasi bahwa outlet WU ternyata tersebar dimana-mana. Cukup temukan logo di bawah ini di plang atau pintu tempat-tempat tersebut:

Lebih rinci, outletnya sendiri ada di:
» Bank (menurut website resminya, bank yang melayani jasa WU yaitu, Bank BII, Danamon, Saudara, Jabar Banten , BRI , BTN, Syariah Mandiri , Bumiputera, Nagari, Rabobank , Jatim , Sumsel Babel , Kalbar , Jateng, CIMB Niaga, DKI)
» Pegadaian
» Kantor Pos Indonesia
» Indomaret
» JNE berlogo khusus
Namun, perlu diketahui, peraturan di tiap outlet tersebut entah mengapa berbeda-beda, seperti tidak ada standar khusus. Berikut saya jabarkan sebanyak yang saya tahu dan berdasarkan pengalaman saya berburu WU:

1. Bank
Pengambilan WU di bank cukup berbelit. Bank akan meminta kita mengisi form, melampirkan fotokopi KTP yang masih berlaku, membayar biaya materai yang dipotong dari jumlah uang kiriman, dan juga biasanya akan sedikit "kepo" alias ingin tahu tentamg detail pengiriman serta tujuannya untuk memastikan bahwa tidak ada unsur pencucian uang (money laundry) di dalamnya. Yang membuat saya agak kesal adalah mereka mensyaratkan tanda tangan harus sama persis dengan yang di KTP baik lekuk, garis bahkan titiknya. Padahal logikanya, setiap orang saat membuat tanda tangan pasti akan berbeda hasilnya dan bukan berarti lalu tanda tangan itu palsu kan?

2. Pegadaian
Saya baru sekali mengambil kiriman uang di Pegadaian karena selanjutnya saya selalu mendapat alasan sistem error dan bahkan Pegadaian sudah tidak berafiliasi lagi dengan WU namun hingga saat ini plang logo WU di kantor-kantor Pegadaian masih terpasang. Saat saya tanya, jawabnya belum sempat dicopot. Ya entahlah. Pelayanan WU di Pegadaian lumayan agak lama tapi seingat saya tidak ada potongan apapun. Prosesnya lebih mudah daripada di Bank.

3. Kantor Pos Indonesia
Ini dia tempat mengambil WU favorit saya! :D
Cepat, mudah tanpa alasan dan proses yang bertele-tele, tanpa potongan apapun, dan batasan uang tidak terlalu sedikit (karena saya pernah dimintai tolong untuk mengecek form pengambilan uang oleh seorang ibu yang ingin mengambil kiriman dari anaknya di Singapura, sebesar 1000 dolar Singapura atau sekitar Rp. 7,900,000 dengan kurs Rp. 7,900 per SGD-nya). Kita cukup mengambil nomor antrian Layanan Keuangan, mengisi form berlogo WU di meja-meja pengisian formulir serta melampirkan fotokopi KTP, dan tinggal menunggu dipanggil ke loket. Oh iya, di loket nanti kita mesti menunjukkan KTP asli juga sesuai dengan nama penerima.

4. Indomaret
Kalau ini adalah tempat TERAKHIR yang akan saya datangi jika ingin mengambil kiriman WU. Kenapa? Karena mereka tidak konsisten dalam pelayanannya. Sampai-sampai saya pernah mengirim surat keluhan ke manajemen Indomaret setelah gagal mengambil kiriman di TUJUH outlet Indomaret di hari yang sama. Alasan yang mereka utarakan berbeda-beda namun sama-sama membuat saya emosi. Dulu saya pernah mencoba mengambil kiriman di outlet Indomaret dekat rumah saya sekitar jam 09.10 malam namun gagal dikarenakan jam pengambilan kiriman sudah tutup jam 09.00 malam. Tadinya saya agak ngotot karena 'cuma' lewat 10 menit hingga mereka menunjukkan peraturan tertulisnya, baru saya menurut untuk datang lagi di kemudian hari. Semenjak saat itu, saya selalu berusaha mengambil kiriman di WU sebelum jam 8 setidaknya karena menurut pengalaman, Indomaret sering tiba-tiba tidak bisa melayani WU dengan alasan tertentu.
Di hari yang membuat emosi jiwa itu, saya mendapat kiriman di siang hari saat masih berada di kantor. Karena outlet kecil Kantor Pos di sebelah kantor saya tidak bisa melayani dengan alasan petugasnya berbeda dengan hari biasa dan tidak mengerti transaksi WU, maka saya memutuskan untuk mengambil di Indomaret yang ada di lantai 2 stasiun Sudirman sekitar jam setengah 6 sore. Namun pelayan di Indomaret tersebut beralasan sistem mereka belum siap.
Setelah sampai di Depok, saya mulai menelusuri outlet-outlet Indomaret di sekitar wilayah rumah hingga total saat itu enam outlet tapi yang mengecewakan, semuanya tidak bisa melayani. Alasannya pun bermacam-macam, mulai dari dana tidak mencukupi, sistem error, sudah tidak melayani WU lagi, ada gangguan sinyal karena habis hujan, sampai komputer rusak. Saya pun naik darah, dan akhirnya membuat surat keluhan yang dikirim via e-mail ke manajemen Indomaret. Awalnya direspon dengan baik dan mereka meminta saya untuk merinci Indomaret mana saja yang bermasalah dan alasan yang mereka berikan. Saya pun dengan susah payah mengingat lokasi-lokasi Indomaret yang saya datangi serta mencocokkan alasannya. Namun setelah itu tidak ada respon sama sekali dari manajemen Indomaret. Tadinya saya berniat untuk membuat Surat Pembaca ke media massa namun karena kesibukan saat itu, saya memaksa merelakannya.
Untungnya, saat ini saya sudah menemukan salah satu outlet yang lumayan bisa diandalkan dan letaknya tidak jauh dari rumah. Walaupun tetap deg-degan karena takut ada gangguan sistem atau dana tunai mereka tidak cukup, at least saya punya satu tumpuan untuk mengambil kiriman di malam hari :D
Sebenarnya, terlepas dari gangguan-gangguan yang tersebut di atas, mengambil kiriman WU di Indomaret sangat mudah dan bisa dijadikan andalan jika Kantor Pos dan Bank sudah tutup atau di hari Libur (walaupun saya pernah gagal mengambil kiriman di salah satu Indomaret yang terletak di kompleks apartemen dan pelayannya beralasan cabang tersebut tidak melayani WU di hari Sabtu atau Minggu. Anehnya, pelayan dari Indomaret lain yang tidak jauh dari situ malah bingung saat saya ceritakan alasan tersebut. Dugaan saya, Indomaret sebelumnya tidak memiliki dana yang cukup).
Tips dari saya untuk yang mau mengambil kiriman WU di outlet Indomaret:
- Cek terlebih dahulu apakah dana tunai yang merupakan hasil penjualan mereka hari itu mencukupi atau tidak. Jika kiriman uangnya berjumlah satu juta atau di atas itu, lebih baik sempatkan diri untuk mengambil di Kantor Pos besar atau Bank karena biasanya cash di outlet Indomaret tidak sebanyak itu.
- Jangan datang di atas jam 9 malam karena transaksi pengambilan uang di WU tutup jam 9 malam. Daripada berdebat kusir seperti saya, lebih baik antisipasi, hehehe.
- Jangan datang di pagi hari atau sebelum sore hari, karena biasanya hasil penjualan mereka belum seberapa. Datanglah menjelang malam saat hasil penjualan mereka sudah terkumpul.
- Kalau perlu, minta nomor kontak dari outlet-outlet terdekat dari rumah yang bisa melayani WU, agar sewaktu-waktu ingin mengambil kiriman bisa mengkonfirmasi dahulu dan tidak membuang waktu berkeliling mencari outlet yang bisa melayani.

5. JNE
Saya baru tahu bahwa JNE sekarang memiliki layanan WU juga. Di kota saya sendiri baru satu outlet JNE besar yang melayani WU ini. Saya juga belum pernah mengambil di JNE karena untuk mengambil di sana tidak bisa secara mendadak. Kita harus melakukan konfirmasi terlebih dahulu sehari sebelumnya bahwa kita akan mengambil uang disana. Untuk lebih lengkapnya, bisa langsung menghubungi JNE di wilayah masing-masing.
Nah, untuk cara pengambilannya sendiri sangat ringkas. Cukup siapkan kode pengambilan (yang disebut MTCN atau Money Transfer Code Number) yang diberikan si pengirim kepada kita untuk nantinya diisikan di form WU. Selain itu, kita harus menyiapkan fotokopi KTP dan bawalah KTP asli untuk ditunjukkan kepada petugas pelayanan. Jangan lupa juga meminta detail data pengiriman kepada pengirim, seperti nama lengkap pengirim & penerima, alamat si pengirim dan nominal uang yang dikirim karena jika kita mengambil di Bank, semua yang kita isikan di form harus sama persis rinciannya atau tidak dapat diproses.

Sekian pengalaman yang bisa saya bagi, semoga bermanfaat :)
Selamat mengambil uang! Jangan lupa kirim ke eyke juga ya cyin, hihihi.


48 comments:

  1. permisi.. mo numpang nanya,"

    kemaren lusa aku transfer uang via WU di INDOMARET, trus kalau mau ambilnya via WU di KANTOR POS apa bisa?? soalnya WU di INDOMARET lokasi pengambilan terdekat sudah tidak melayani WU lagi.

    trimakasih banyak yaa atas informnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indomaret kemang bisa mencairkan wu di bawah 1.5jt..

      Delete
  2. hadeh..kasus saya beda lgi..pertama kirim uang kechina salah nama awal dan belakang harusnya nama keluarga itu di belakang dan nama asli di depan..saat itu agent indomart isi ke systemnya nama asli dan nama keluarga di gabung pada colom first name, dan pada colom last name dia ketik no last name saya pikir itu memang harus diisi jika tidak memiliki nama belakang.
    setelah 2 minngu kawan saya di china baru sempat ambil uang dan dia bilang uang gak bsa di ambil krna salah nama hrusnya nama keluarga dulu baru nama asli,..lalu saya bawa surat pernyataan
    Surat Pernyataan Perubahan Nama Penerima Western Union

    Yang bertanda tangan dibawah ini saya:

    Nama : HARY SEPTI

    Jenis Kelamin: Perempuan

    Tempat Tgl Lahir: xxxxx

    Kebangsaan: Indonesia

    Agama: Islam

    No.KTP: 32010 762 xxxxxx

    Alamat :xxxxxxx

    Dengan ini saya menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa saya pada hari
    Selasa tanggal 11 Maret 2014 telah terjadi kekeliruan pada pengiriman uang melalui
    western union, kesalahannya terletak pada nama penerima uang yang
    sebelumnya First Name:Zhou Li NO LAST NAME seharusnya First Name: LI Last Name ZHOU


    Demikian surat pernyataan kekeliruan nama ini saya buat dengan sebenar-
    benarnya.

    dan agent indomart pun bersedia mengganti namanya , tp gak hari itu agent yg bisa masuk ship 2, lalu besokny saya balik lg ktny untuk ubah nama itu hrus hub virtual pusat secara online dan telp, bla2 smpi 3 hari bu di proses itu pun sya harus tunggu besok kabarnya, besokny melalui sms agent indomart memberi tahukan bahwa nama sudah di ganti..kwan saya pun di china kemudian mengusahan ke bank untuk ambil uangnya,setelah 3 jam menunggu ternyata tidak bisa diambil juga, namanya udah betul tapi ada "no last name" jadi gak bisa di ambillangsung shock saya double WHAT22222..double IUH ,..IUH2 stupied bank kata temen saya (penerima).
    lalu saya balik lg ke agent indomart sesuai sarang CS WU yg saya telp sebelumny..saya bilang yg bisa menghapus No last namenya itu agent indomartny sendiri karena systemny yg oprasikan agent indomart. lalu agent indomart bilang lg gk bisa hub virtual karena telpny abis ke samber petir.. saya minta di cancel ajah deh,besok suruh balik ktny bisa di cancel ternyata gk ..systemny nolak alesanya ini virtual pusatnya pindah dari bogor ke purwakarta..so he say dokument2 saya akan dibawa ke indomart pusat dan akan di tunjukan ke bosnya..besokny di sms ktny ntar tgl 25 april dia di suruh urus ke purwakarta, saya tunggu senin sy sms jwabany selasa dia akan telepon ke sana lg tanya kabar..gk sabar sya telp cs WU 3040 5730...saya kasih data dan MTCN saya ternyata lebih dr yg saya bayangkan CS menyarankan saya untuk mengganti nama penerima dengan alasan: walupun " no last name" di hapus penerima tidak akan bisa ambil uangnya karena waktu saat virtual membenarkan namanya system mendektesi nama Zhou, dan nama ini termasuk nama yg di blacklist oleh WU terkait peneipuan dengan virtual WU....saya bilang dan cerita ke kawan saya bahwa nama dia di black list dan dia bilang what kind stupid inform, zhou is good name on china.
    yaya saya tau..hanya karena 1 orang zhou..zhou2 yg lain bermasalah stupid system..

    lalu saya sms lg agent indomart bilang klo WU CS info itu sama sya..tau jawabanya,,buk ini saya baru masuk toko dan virtualnya balas nama sudah di ganti LI Zhou aja, coba suruh check di chinanya buk....saya balas mas saya dapat info dari csnya dan dia menyarankan saya untuk cancel tolong kasih tau virtualny kalau ada confirmasi dari pihak WU ke saya sepeti itu...dan sampai saat saya mengetik ini belum ada sms balasan...


    semoga jadi pembelajaran bagi yg newbe soal WU dan trnsfer WU sekarang bisa online melalui CIMB klik hanya sayang klo ke china gak ada adanya hongkong dan currencynya HKD Hongkong Dolar bukan yuan jadi tetep aja sya gk bsa pke aplikasi ini tapi .dan mudah2an besok bisa ada keputusan dan uang saya bisa kembali....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak, apakah uang nya sudah kembali pada waktu itu?
      Soalnya sekarang saya mengalami hal yang hampir sama. Jadi bingung saya, mana call center gak bisa dihubungi terus.

      Delete
  3. gan mau tanya klo saya dapat kiriman WU dri oman , trus dsaana nama saya pery pebriansah sedangkan di ktp saya fery pebriansyah kurang y nya. ngaruh gak sih?''
    truss kata pihak pos harus di rubah dulu .. padahal beda 1 huruf aja ko ribet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy jg punya pengalaman kyk gitu, nama saya kelebihan satu huruf. Sy transaksi 5x di WU kantor pos dan indomart Surabaya, nggk ada masalah, lancar smua. Padahal KTP sy jakarta. Dana yg sy tarik jg lumayan besar, tp prosedurnya nggak ribet. Nah.., giliran sy ke Jakarta, aduuuhhh jadi masalah besar, kantor pos nggk mau krn nama kelebihan 1huruf. Trs pindah ke kantor pos lain, beda lg alasannya..pos menolak krn KTP sy Surabaya,beda wilayah nggk bisa katanya. Akhirnya sy telp tmn sy yg di Turki, trs dia revisi nama, tp hrs nunggu 9 hari baru bisa aktif . Jadi ini sy msh menunggu . Jadi memang beda2 aturannya..hufff

      Delete
  4. WU dikirim via kurir POS ya?waduh klo gak ada orang dirumah bisa gak sampe ke tangan dunks?

    ReplyDelete
  5. Deuuh..terima kasih yg udah baca & komen, maaf bangetttt nggak pernah cek blog 😂😂😂

    @All Watched : WU harus ambil sendiri ke outlet yg melayani WU, nggak bisa lewat kurir Pos 😊

    ReplyDelete

  6. Nah itu dia mbake, klo saya baca diatas kan disuruh ngambil sendiri ya...tapi saya baca2 di blog orang2 katanya ada yang dirumahnya gak ada orang, tau2 slip WU nya masuk ke got (ketiup angin gara2 diselipin di pager rumah sama pak POS), terus juga ada yang tau2 pak POS nitipin ke pak RT pas papasan baru dikasiin ke pemilik dll....

    Apa tergantung yang ngirim ya?klo perusahaan misalnya, pake jasa POS ya mungkin pak POS yang ngirim dll....soalnya kadang saya jual barang bekas di e-bay, tp kebanyakan orang bule pengen langsung transfer klo mau bayar dan saya gak punya kartu kredit, ujung2nya pinjem punya temen.

    Tks infonya mbak...

    ReplyDelete
  7. Western union tidak menggunakan surat untuk dikirim ke penerima, karena pengirim hanya memerlukan nama saja. Tidak ada yg lain. Jadi kalo ada yang bilang ada surat atau dokumen WU yang dianter ke alamat penerima, tidak benar. Jadi WU itu sistemnya mirip ATM. Nama sebagai kartunya, dan PIN yang akan diberikan WU. Nah, saat pengambilan, nama dan PIN inilah yang menjadi keyword untuk pengambilan uang.
    Lalu bagaimana taunya kita dapat kiriman? Yah, itu hanya dilakukan dengan komunikasi pengirim dan penerima saja. Jadi pihak WU tidak ada prosedur untuk mengetahui dan memberi tau ke calon penerima.

    ReplyDelete
  8. @All Watched: setau saya sih nggak pernah ya WU kirim-kirim kaya gitu, semuanya self service, MTCN atau kode pengambilan dananya juga diinfo lewat SMS atau email sama pengirimnya langsung. Nggak tau ya kalo pengirimnya kirim info lewat surat tapi masa jaman gini masih pake surat XD

    Kalo orang asing emang lebih suka via paypal atau WU misalnya nggak ada credit card :) Terima kasih yaa udah mampir~

    ReplyDelete
  9. @hilmy rizal: bener banget :) paling WU cuma verifikasi data penerima dan pengirim aja. Thank you yaa udah mampir ^^

    ReplyDelete
  10. Kalau begitu gak perlu takut ya kalau pakai W.U...soalnya saya takutnya itu aja sih sob, soalnya drmh jarang ada orang. Takutnya kirim slip info/kuitansi atau apanya ke rumah.

    Tapi saya pernah baca di blog orang kyk gtu ya, kadang katnya slip WU nya (notifikasi dari WU) suka gak tau kemana, soalnya pak POS yang suka ngantrin tp gak ada orang dirumah.

    Gtu sieh...Thanks to all ya atas infonya... :)

    ReplyDelete
  11. Numpang curhat juga. Untuk saat ini saya berkesimpulan: jadikan INDOMARET sebagai OPSI TERAKHIR.

    Belum lama ini saya mengirimkan uang ke teman di Amerika Serikat. Sebelum mengirim, saya pastikan saya sudah memiliki semua data dia supaya nanti nggak bolak-balik, dari nomor rekening bank, nomor routing, alamat, kode pos, semua saya catat. Pada waktu pengisian, saya pastikan untuk secermat mungkin. Nama tidak saya singkat dan saya tulis lengkap meskipun kolomnya tidak cukup. Begitu pula dengan alamat, saya pastikan benar semua sudah tercantum.

    Tapi pada waktu input, terasa sekali kalau pengetahuan si kasir kurang. Nama teman saya ada unsur Michael, oleh kasirnya dieja "Micael", bukan "Maikel". Untuk alamat, saya menulis 60, malah menjadi GO. Waktu itu saya masih maklum, walau mulai jengkel karena alamat kan tidak masuk akal ada kata "go"-nya. Tapi ternyata di nama saya yang tidak asing saja masih terjadi kesalahan. Nama tengah saya entah kenapa digabung dengan nama belakang, misalnya Sari Lukman dipotong menjadi Saril, padahal nama L itu tidak saya singkat.

    Saya sudah mau koreksi (karena khawatir tidak sama namanya dengan KTP) namun kasirnya bersikeras mengatakan alamatnya yang penting. Ya sudah saya lihat lagi alamatnya sudah benar.

    Tapi setelah itu kasirnya bingung dengan kurs. Saya katakan USD, US Dolar. Karena si kasir masih tidak paham, saya ulangi, "Dolar Amerika." Terus saya malah ditunjukkan opsi "Amerika Samoa". Saya sampai bingung kasirnya ini bingung apalagi, bukannya USD bukan mata uang asing yang 'asing'?

    Sayangnya saya tidak tahu ternyata pengisian kurs itu menjadi fatal. Setelah dua minggu, kiriman uang belum juga sampai. Baru hari ini saya dikabari teman saya bahwa katanya kiriman tersebut nyasar ke Amerika Samoa. Where the hell is that.

    Saya hubungi CS dan disuruh ke agen tempat saya mengirim. Saat ini formulirnya masih dicarikan dan katanya saya dihubungi nanti. Entahlah. Jujur saya kesal. Urusan input data kan bukan tanggung jawab pelanggan. Saya sudah mengisi formulir seakurat mungkin kok sampainya di komputer asal-asalan.

    Singkat kata, jasa Western Union di Indomaret belum bisa dipercaya. Buat teman-teman yang mau memakai, lebih baik ke bank saja. Setidaknya mereka punya etika profesionalitas yang lebih tinggi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, itu mah emang kasirnya yg kacau hehehe. Kalo saya di posisi itu pasti udah ngamuk nggak karuan XD
      Mending coba ke Pos dulu sih dan terakhir baru ke Indomaret, soalnya emang di Indomaret untuk hal WU, unpredicateble banget, ada yg tiba-tiba bilang udah nggak ngelayanin WU padahal di pintunya masih ada label WU lah, ada yg selalu gangguan sinyal lah, bikin emosi jiwa kalo ngandelin itu hehehe. Kalo bank emang oke tapi agak males ditanya ini itunya sama ada biaya materai segala #medit :p

      Nggak tau sih kalo sekarang, soalnya udah nggak ngambil WU lagi :) Semoga udah lebih bisa diandalkan deh. Thank you udah mampir :)

      Delete
    2. Kalo cuma satu huruf nama yg slah solusinya gimana?
      Soalnya udah diganti namanya tetep aja salah dan gak bisa diganti lagi
      Terus petugasnya ngotot gak bisa diambil kalo namanya belum sesuai..
      Toling solusinya

      Delete
  12. Gimana kalo si penerima meninggal dunia sebelum menerima uang yang telah di kirimkan??? apakah bisa si Pengirim yang mengambil sendiri setelah tiba di Indonesia???. Tlong jawab kalo ada yg punya pengalaman kyk gitu.

    ReplyDelete
  13. Eh kalo alamat beda gmn? habis lupa kalo perantauan, jadi nulisnya alamat sekarang bukan alamat ktp? kalo di bank ngaruh ga yaa ?

    tadi udah nyoba di kantor pos depok tapi SEMUA KANTOR POS DEPOK sekarang cuma ngelayani KTP DEPOK,

    ReplyDelete
  14. Wah ini informasi yg berharga banget.. makasih yaa. Aku simpan informasinya.

    ReplyDelete
  15. Hari ini Tgl 14 Desember 2015 saya mencairkan WU dikantor pos. setahu sy menerima WU tdk ada potongan..karena mengirikannya sdh ada biaya. Saya menerima kiriman sebesar USD 284.16 dr US kalau dikalikan dollar hr ini Rp. 14.015 yg sy terima harusnya Rp. 3.982.502 tapi yang saya terima Rp. 3.689.100,-.. walaupun hy bbrp ratus ribu aja..tp kenapa ada potongan lagi? Ada yang tau?

    ReplyDelete
  16. Hari ini Tgl 14 Desember 2015 saya mencairkan WU dikantor pos. setahu sy menerima WU tdk ada potongan..karena mengirikannya sdh ada biaya. Saya menerima kiriman sebesar USD 284.16 dr US kalau dikalikan dollar hr ini Rp. 14.015 yg sy terima harusnya Rp. 3.982.502 tapi yang saya terima Rp. 3.689.100,-.. walaupun hy bbrp ratus ribu aja..tp kenapa ada potongan lagi? Ada yang tau?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab, setahu saya kurs western union dg bank indonesia/lokal berbeda. Bisa dicek di http://business.westernunion.com/Resources/Tools/Currency-Converter

      Delete
  17. Numpang memusingkan.......saya sangat bingung dikasih MTCN oleh pengirim sudah bener tpi saat mau dicairkan di terdetek rincian datanya ga ada.....dri pengirim jelas nama pengirim NTCM nya jumlah uang nya tpi sdh 2 tempat ga ada yg bisa.....moga hari kedua saya akan coba lagi semoga bisa....

    ReplyDelete
  18. mau tanya pengambilang uang melalui pos atau union di kenakan biaya apa tidak?bagi yg pengirim jelas tentunya bagi sipenerima gimana..

    ReplyDelete
  19. Kalo si penerima engga punya nama belakang bisa engga ? Misal namanya cuman Tanaya doang. Mohon infonya.

    ReplyDelete
  20. Hai makasih min blog post dan semua comment yang sangat ngebantu. Mau nanya nih, aku kan masih pelajar, jadi belum punya ktp dan option yang memungkinkan Indomaret karena masih buka abis jam pulang sekolah. Nah aku cuman mau ngirim uang ke supplier aku di China. Memungkinkan aku kirim pake WU tanpa memiliki ktp/sim/passport etc. Mohon saran dan bantuannya. Thanks:)

    ReplyDelete
  21. Halo! Untuk yg punya pertanyaan mengenai WU, mohon maaf saya nggak bisa jawab karena udah lama nggak pakai WU lagi dan pastinya peraturan WU kemungkinan udah berubah :)

    Monggo yg paham bisa bantu jawab pertanyaan-pertanyaan yg ada :)
    Terima kasih, cheers!

    ReplyDelete
  22. Mba kalo sang pengirim salah nama gimana ya, trus saya minta screenshotan yg udah diralat malah dari pihak wu sana cuman diganti pake pulpen, apa masih bisa diambil wu saya?_

    ReplyDelete
  23. Mas.mba mau tanya ,saya kan perantau g punya ktp domisili ,jdi pke ktp alamat asal ,bisa ga ngmbl uang pke ktp alamat asal ktp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,

      Maaf untuk detail seperti ini, ada baiknya langsung ditanyakan ke outlet WU terdekat supaya lebih pasti. Terima kasih :)

      Delete
  24. Hadeeh hari ni wu trouble smua....kapn bsa koneksi lagi..,

    ReplyDelete
  25. Pengalaman serupa di Indomaret.Ada yang bisa ada yang nggak, kalau pas sistemnya bisa, uangnya sudah disetor, atau uangnya belum terkumpul segitu.Pernah pengalaman di luar kota, uang mepet, mau mencairkan WU di Indomaret, karena pas hari libur.Jawabannya bikin kesal, beda outlet beda jawaban.
    Yang paling simple ya datang ke Kantor Pos tadi.Tapi jelas bukan pas week end atau tgl merah.
    Lagipula kalau pas di Indomaret bisa, ada uangnya,sistemnya bisa, eh yang mengantri di belakang kita banyak.
    Ga enak juga.
    Favorit saya juga kantor Pos untuk WU.
    Bukan bermaksut apa2 pada Indomaret.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak Efi,

      Betul banget. Ujung-ujungnya jadi emosi sendiri kalau ambil kiriman WU di Indomaret, semacem PHP hehehe. Mudah-mudahan sekarang lebih bagus untuk layanan WU di Indomaret ya.

      Terima kasih udah mampir :)

      Delete
  26. minta info apakah pengambilan uang via wu ckp dgn no MTCN aja? krn nama pengirim sy lupa dan hanya sy simpan no MTCN nya saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Bagas,

      Kalau dulu saya sih selalu diminta nama lengkap pengirim dan kota atau negaranya. Coba langsung ditanyakan di outlet ya untuk lebih jelasnya. Thank you :)

      Delete
  27. Ada yg pernah kirim lewat wu di tiki ga?

    ReplyDelete
  28. WU Ya ..... Hihiihi ....... Inget Peraturan WU Skrng Berubah, WU Maximal Penerimaan Dan Pengiriman Uang Sekarang Sebesar $5000/MTC .... Untuk Pengambilan WU Indomaret Ngga Rekomded Dari 25 Yang saya Datangi Hanya 1 Yang Bisa Menerima ..... Betul Kata Sang Penulis Di Atas Mereka Banyak Alasan, Mulai Sytem Error, Sampe Kehabisan Form , Tapi Lucunya Kalo Mengirim Uang Bisa Hehheheh ...... Saya Sangat Kenyang Dengan Gaya Indomaret , Karena Setiap 1 Minggu Saya Mencairkan 1-20 MTC, Saran Saya Dari Pada Muter2 Ke Indomaret Ga Jelas Mending Lansung Ke Kantor POS Klo Nominal Besar Ke Bank Saja, Inget MTC Itu Sangat Rahasia , Dan Jangan Sekali2 Memberikan Nomer MTC Ke Teller/Kasir Yang Belum Pasti Cair, Saran Saya Tanyakan Dulu Apakah Bisa Melakukan Pencairan ....... Karena DariNo MTC Aja Uang Anda Bisa Hilang ...... Itu Info Dari Saya

    ReplyDelete
  29. Brapa lama masanya kalo semisal kita dapat kiriman dari luar negri. Sedangkan kita belom sempat ngambil. Tapi pin masih tersimpan

    ReplyDelete
  30. Pengalaman Saya Paling Lama 4 Hari ..... kalo lebih Dari Itu Blm Pernah ..... Sekarang saya Ada 3 WU Yang BLm Di Cairkan Sudah 2 Hari ... Apes Nya Saya Lupa Senin Hari Raya Bank Pasti Tutup ..... Karena Nominal Di Atas $3000 Pasti Ke Bank

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas. Mau tanya.. Saya dikirim uang kewat WU hari jumat pagi.. Langsung ke rekening bank BCA saya. Biasanya 30 menit langsung masuk ke rekening saya. Nahh kalo yg sekarang sudah 2 hari belum masuk juga. Apa karna terhalang sabtu minggu ya? Jadi WU nya pending sampai hari senin?? Atau bagaimana?? Apa hari kerja WU hanya bussenis day aja? Monon pencerahannya. Thanks.

      Delete
  31. perlu gak sih kita punya akun goegle adsense buat ngambil uang pake WU? krna kbnyakan blog yang aku bc mereka pake goele adsense gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuba untuk menjawab ya. Kalo yang dari Google Adsense itu bagi mereka yang memasang iklan di blog atau channel Youtube mereka sendiri. Setiap bulan jika pendapatan sudah mencapai 100 dollar maka Google Adsense akan membayar kepada mereka makanya mereka punya akun GA.

      Untuk yang sekedar menerima uang kiriman gak perlu ada akun Google Adsense. Google Adsense itu cuma tempat para bloggers, youtubers mencari penghasilan saja melalui iklan dari Google Adsense sendiri.

      Mohon dikoreksi jika ada kesalahan...

      Delete
  32. perlu gak sih kita punya akun goegle adsense buat ngambil uang pake WU? krna kbnyakan blog yang aku bc mereka pake goele adsense gitu...

    ReplyDelete
  33. Salam Admin…

    Saya dari Malaysia dan sedang kuliah di Indonesia. Saya mendapat pembayaran dari Google Adsense. Adakah saya bisa mencairkan uang tersebut di Western Union yang ada di Indonesia sedangkan saya bukan warga Indonesia?

    Terima kasih…

    ReplyDelete
  34. Ada yg pernah punya pengalaman, kirim uang ke china diterima dengan mata uang RMB dan WU di bank china menyuruh ubah ke USD, apakah bisa?
    Mohon bantu solusi ya man teman..

    ReplyDelete
  35. Karena mereka bilang kalau saya mengirim pakai RMB tidak bisa dicairkan oleh bank, karena mereka cuma menerima USD. Kira-kira bisa diubah gak ya?

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS