Pages

Bikin Paspor di Depok (^^,)

Thursday, December 20, 2012

Sekitar dua minggu yang lalu tiba-tiba saya ngidam punya paspor, ngiri juga liat temen-temen dan kerabat yang bisa melanglang buana, sedangkan saya paling jauh cuma pulang kampung ke wilayah berbahasa ngapak itu, tau laaah..hehehe. Setelah itung-itung sisa duit dan planning anggaran ke depannya dengan bijak, ternyata masih ada sisa receh sejumlah biaya pembuatan paspor yang resminya sih nggak sampai Rp. 300,000.

Tahap Pertama

Tanggal 4 Desember 2012 kemarin, dengan ditemani sang mama tercinta, saya dateng ke Kantor Imigrasi (Kanim) Depok. Letaknya yang lumayan mencil di Grand Depok City itu itu beneran bikin males jalan. Kalo nggak karena pengen buru-buru icip ke luar negeri sebelum cari kerjaan lagi mah pasti entar-entaran bikinnya.

Untuk mencapai lokasi, kalo naik angkutan umum alias angkot, bisa naik angkot D10 yang warna biru, nanti sampai di pertigaan angkotnya bakal belok kanan, nah langsung turun disitu karena kalo mau ke Kanim itu belok kiri. Tinggal naik ojek yang ada di pangkalan situ untuk langsung ke Kanim (tarifnya sekitar 5000 rupiah, tapi kalo mau sekalian berderma ngasih seratus ribu juga boleh, heheh).

Kalo naik kendaraan pribadi, ikutin jalur angkot D10 aja (dari arah KSU) sampai ke pertigaan itu, baru belok kiri, abis itu lurus terus sampai ada belokan ke kanan, patokannya Kantor Pemadam Kebakaran, masuk jalan itu terus belok kanan lagi dan tinggal ikutin jalan aja. Letak gedung Kanim Depok itu ada di sebelah kiri.

Kanim Kota Depok,Komplek Grand Depok City
Kanim Kota Depok,Komplek Grand Depok City

Saya baru datang jam setengah 12 siang karena emang niatnya cuma untuk ambil formulir. Ternyata jam segitu koperasinya udah lagi istirahat. Ffuuuuu..terpaksa deh kita diminta nunggu sampai jam 1-an. Mondar-mandir nggak keruan di sekitar halaman depan koperasi.

Jam 1 siang, pas loket koperasi dibuka, dengan sigap si mamah langsung beli seperangkat berkas untuk pembuatan paspor seharga Rp. 12,000 yang terdiri dari map, formulir, surat pernyataan, dan materai 6000. Di formulirnya sih tulisannya CUMA-CUMA, mungkin biaya itu untuk cetak map & surat pernyataan.

Setelah itu kita pulang. Sesampainya di rumah, saya langsung isi formulirnya. Tapi baru juga mau nulis nama, udah bengong. Kenapa sih? Uuuung..abisan nama saya yang tercantum di Akta Kelahiran, Ijazah, Kartu Keluarga dan KTP itu beda :| nah lho kan, berarti harus ngurus Surat Keterangan Ganti Nama yang diketahui Kelurahan. Untuk dapet surat itu, kita harus minta surat pengantar dari RT/RW untuk pengurusan ke Kelurahan setempat. Setelah itu di Kelurahan nanti kita bakal dibikinin Surat Keterangan Ganti Nama. Enggak kok nggak bayar alias GRATIS. Surat itu nantinya dilampirin di dalam map yang dibeli di koperasi.


Tahap Kedua

Hari kedua, tanggal 11 Desember 2012, eh sebenernya sih bukan hari kedua secara terpaut seminggu dari hari pertama. Tapi yasudahlah ya anggap aja hari kedua karena baru bisa ngurus Surat Keterangan Ganti Nama di Kelurahan itu kemarinnya. Karena waktu kedatangan kita bakal amat sangat berpengaruh sama nomor antrian yang kita dapet nanti, ada baiknya sih dateng sepagi mungkin. Kanim Depok sendiri buka dari jam 08.00 untuk Senin s/d Kamis dan dari jam 08.30 khusus hari Jum'at. Menurut si mamah yang dulu pernah berjibaku ngurus paspor buat si adik, jam 6 pagi itu biasanya orang-orang udah pada antri di depan Kanim demi dapet nomor antrian awal. Tapi untungnya walaupun hari ini saya dateng dengan seenak udel jam 8 lewat, saya masih dapet nomor antrian 25. Lumayanlah..

Nah, di hari kedua ini, saya harus menyerahkan map berisi berkas ke Kanim. Berkas itu antara lain:
  • Copy KTP terbaru
  • Copy Akta Kelahiran
  • Copy Kartu Keluarga terbaru
  • Copy Ijazah terakhir
  • Surat Keterangan Ganti Nama (jika perlu)
  • Formulir Permohonan yg sudah disi lengkap (kalo belum lengkap atau ada yang bingung cara ngisinya, bisa tanya sama petugas loket penerimaan berkas nanti, asal jangan kosong-kosong banget yaa)
  • Surat Pernyataan (yang dibeli di koperasi sebelumnya)
Selain berkas-berkas diatas, berkas ASLI-nya jangan lupa dibawa ya, karena bakal dicross-check sama petugas loketnya. Pas dateng, kita akan diminta untuk ambil nomor antrian di meja Customer Care yang tadi dilayani seorang ibu cantik, (asli cantik, suka deh akuuh liatnyaaa #mendadakdisorientasi #abaikan). Abis itu tinggal tunggu dipanggil sesuai giliran. Proses nunggunya lumayan lama juga sih, tapi akhirnya sekitar jam 11-an saya udah dipanggil.

Di loket penerimaan berkas, karena saya bilang ini pertama kali bikin paspor, ditanya lah sama si petugas yang notabene masih muda, "Untuk tujuan apa mbak bikin paspor?", saya jawab untuk persiapan berburu beasiswa. Dan...JREEENG! Dapet kultum soal kesamaan nama dokumen deh. Katanya mau nggak mau saya harus urus penggantian nama untuk di beberapa berkas karena kalo Kedutaan itu bakalan lebih ketat lagi penyaringan dokumennya. Daripada nanti ribet, mending dari sekarang urusnya. Baiklaaahh..akan saya acak-acak Kelurahan itu #eh.

Jadi kalo kata orang "apalah arti sebuah nama", ya berarti banget laahh..kalo sampe salah nasibnya jadi kayak saya yang mesti bolak balik Kelurahan cuma demi ngurusin nama, ampooooonnn (-__-")

Proses pengecekan dan penerimaan berkas nggak terlalu lama, dan setelah itu saya dikasih secarik kertas keterangan yang akan ditukar dengan nomor antrian untuk melakukan wawancara dan foto dua hari kemudian, oh iya sekalian pembayaran.



Tahap Ketiga

Dua hari kemudian saya dateng lagi sekitar jam 8.30 karena kalo hari Jum'at, Kanim emang bukanya ya jam segitu..terus langsung ke meja Customer Care untuk nuker kertas yang kemarin dikasih petugas penerimaan paspor, sama nomor antrian lagi. Setelah sekitar satu jam setengah lebih saya akhirnya dipanggil juga, tapi untuk bayar dulu. Biayanya 'cuma' Rp. 255,000. Resmi, TANPA CALO. Aduuhh mending jaman begini hindarin deh yang namanya calo selama kita masih bisa bikin sendiri. Rugi looohh..perbedaan biayanya jauhhh. Sebagai perbandingan, sekitar 1 bulan yang lalu, supervisor di kantor lama saya baru aja buat paspor, tapi lewat agen. Tau kena berapa? Rp. 600,000 euy.

Kwitansi Pembayaran Paspor
Kwitansi Pembayaran Paspor
Emang sih kalo kata orang-orang pake calo itu biar cepet dan nggak ribet, eh tapi saya juga nggak ribet kok ngurus sendiri, cuma ya iya capek bolak-balik ke Kanimnya. Eniweii, itung aja sebagai olahraga, hehe. Lagipula sekarang kan udah bisa urus paspor via online dan pas dateng langsung ke kantornya pun kita bisa milih ke Kanim terdekat, misalnya Kanim yang paling dekat dengan kantor, naaah dimanfaatkan secara maksimal laah..nih silahkan langsung buka http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp dan untuk tata caranya sendiri supaya jelas dibaca dulu disini, dokumen-dokumen yang dibutuhkan juga jangan lupa discan dulu: http://www.imigrasi.go.id/index.php?option=com_content&task=view&id=810

Nanti di Kanim-nya pun ada loketnya sendiri untuk para pemohon paspor via online. Daaaan..setelah bayar dan nunggu sekitar setengah jam, saya pun dipanggil untuk masuk ke ruang foto & wawancara. Fiuuuhh..agak deg-degan juga sih karena ini baru pertama kali berurusan sama imigrasi, hehehe.

Di dalam ruangan, pertama-tama saya diminta untuk foto yang dilayani sama seorang mbak nan ramah. Si mbak langsung kasih instruksi sambil mengarahkan kamera digital ke saya, "Boleh senyum tapi nggak boleh keliatan gigi ya", poni saya yang berkibar ke samping juga nggak masalah, nggak perlu disibak. Telinga juga nggak perlu keliatan. Kalung yang saya pake saat itu juga nggak perlu dibuka. Sipppp..senggaknya saya yakin hasilnya nggak buruk-buruk amat, hihi.

Selesai foto, sempet ditanya mau ulang atau nggak, karena agak nggak sreg dengan penampakan foto saya crumut nan canggung senyumnya, saya pun foto ulang sekali lagi. Ceritanya mau membuktikan bahwa foto paspor nggak selamanya buruk, walaupun tetep aja sih..

Selesai foto, saya masih tunggu giliran untuk dipanggil wawancara yang tempatnya ya di dalam ruangan yang sama. Pas wawancara, si petugas cuma tanya tujuan bikin paspor, tujuan negaranya, konfirmasi ulang data pribadi plus ngobrol ngobrol tentang latar belakang pendidikan saya yang emang agak nyeleneh, Studi Rusia. Puas nyecer dengan pertanyaan-pertanyaan, si bapak petugas langsung ngasih lembar keterangan pengambilan paspor kaya begini,

Lembar Pengambilan Paspor
Lembar Pengambilan Paspor

dan katanya enam hari kemudian saya diminta dateng lagi jam 1 siang untuk ambil si paspor tercintaahh~


Tahap Keempat

Tahap terakhir nih. Tadi siang jam 14.30 siang saya sukses dateng ke Kanim tanpa melewati batas waktu pengambilan paspor yaitu jam 13.00 s/d 15.30. Ini merupakan sebuah prestasi luar biasa, secara saya sering banget telat kalau soal begituan. Ihik. 

Untuuuung, nggak telat, karena ternyata ngantri lagi. Sampai di Kanim, lembar pengambilan paspor disuruh ditancepin ke besi yang yang ada di meja pengambilan. Setelah itu si petugas bakal manggil nama-nama yang lembarannya udah ada di besi itu. Tradisional sekali sawdara sawdaraaaaa..

Sekitar 1 jam kemudian, akhirnya nama saya dipanggil dan langsung dikasih buku paspornya, setelah sebelumnya diminta tanda tangan di formulir yang saya kumpulin di hari pertama. Waaaaaw, seneng rasanya. Yang tadi pasang muka perang karena kelamaan nunggu, langsung cair dan nyengir seketika deh :D

Yeey! Where we gonna go now? :D
Yeey! Where we gonna go now? :D

Setelah paspor kelar, sekarang saatnya berburu tiket murah meriaaahh, kikikikikikk :P

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS