Pages

Nostalgia: Wartel VS Warnet

Monday, February 02, 2015

Yang lahir sebelum tahun 2000 pasti masih ingat jamannya ngantri telepon umum sembari ngantongin koin 100 perakan yang lebar itu atau saat-saat waiting list warung telepon alias wartel atau yang dulu paling ribet adalah kalau mau pakai telepon kartu umum, langsung deh cari-cari temen yang punya kartu umum, hahaha. Pernah waktu SD sampe gelendotan ke orang tua cuma biar dibeliin kartu telepon tapi boro-boro kesampean, diceramahin iya. Yang mulai dari masih terlalu kecil lah, nggak penting lah, sampe ngajarin boros. Apeeeeeuuu~
Tahun 90an awal itu Ayah saya udah pakai pager atau pejer, tau doong itu loh si kotak canggih yang kayanya sih bisa dianggap sesepuh SMS jaman sekarang.



Ilustrasi : Pager (Source : Google)

Sistem kerjanya kurang lebih begini, kita hubungi dulu operatornya via telepon rumah, lalu tinggal disampaikan isi pesannya, contoh :
"Halo Mbak, tolong sampaikan ke Pak xxxxx di nomor xxxxxxxx, hari ini pulang jam berapa?"
Lalu si Mbak operator akan mengulang isi pesannya dan voilaaaa dikirim deh ke si penerima. Jadi ya memang semacam SMS tapi ada mediatornya yang kadang suka bikin awkward sendiri kalo isi pesannya pribadi hahaha. Di awal-awal kemunculan handphone dulu, Ayah saya juga sempat pakai handphone berantena yang ukurannya sebesar batu bata, tapi ya tetap aja karena mahal, cuma beliau yang pegang dan kami di rumah tetep jadi pemuja telepon umum yang setia untuk segala telepon yang sebenernya nggak penting seperti cuma mau ngobrol sama temen yang....ya apa sih isi obrolan anak SD?? Hahaha
Pokoknya tingkat pengguna telepon umum saat itu masih tinggi. Sekitar 10 tahun yang lalu, saya yang masih duduk di kelas 2 SMA, baru pertama kalinya punya pacar, dan berhubung nggak bisa sering-sering isi pulsa handphone yang dulu masih hanya bisa buat telepon dan SMS, akhirnya saya mengumpulkan recehan untuk digunakan di telepon umum. Kebetulan telepon umumnya ada di samping rumah persis. Alhasil gampang dipantau, sekalinya kosong, langsung deh disambar biar nggak keduluan orang lain. 700 perak bisa digunakan untuk telepon lama saat itu. Lumayan puas lah. Kalau mau lebih puas lagi, biasanya orang-orang mengakali dengan memasangkan benang ke koin supaya nggak perlu dicemplungin, cukup dicelup hahaha.
Setelah itu masuk ke jaman internet yang mengakibatkan menjamurnya warung internet alias warnet dan mengubur wartel secara pelan tapi pasti. Saya sendiri baru kenal internet dan baru tahu yang namanya Google, saat kelas 2 SMA itu juga. Awalnya diajarin cara bikin Friendster oleh kawan-kawan saya, sekaligus operator warnetnya. Kita biasanya datang serombongan--isinya cewek-cewek banci Friendster semua, ke warnet yang paling deket sama sekolah. Tarifnya seingat saya Rp 5,000 per jam. Karena uang saku saya saat itu pas-pasan (Rp 10,000 per hari, untuk ongkos angkot PP sekitar Rp 3,000, dan sisanya untuk beli makan siang serta minuman, maklum perut saya semacam karung tanpa dasar), akhirnya saya patungan sama teman yang lain, satu komputer dipakai berdua.
Sejak saat itu saya ketagihan ke warnet, dari yang mulai cuma sejam sekali main sampe pernah ngambil paket untuk 4 jam dan itu pun rasanya masih kurang. Ngapain aja? Banyak. Nelusurin dunia maya pake Altavista (search engine kayak Google), ngutak ngatik Friendster sambil nambahin tulisan-tulisan ber-glitter nan ramai yang kalau lihatnya sekarang kayaknya saya bisa langsung sakit mata sama migrain. Well, biasanya sih yang paling lama adalah menyimpan artikel-artikel yang ingin saya baca di rumah satu per satu, karena saat itu komputer di rumah belum tersambung dengan layanan internet.
Tapi setelah game online menjadi booming dan warnet dipenuhi oleh anak-anak kecil berisik yang doyan mengumbar isi kebun binatang dan isi jamban, saya jadi malas main di warnet, paling kalau sedang sangat kepepet aja.
Jaman game online itu mulainya saat saya baru mulai kuliah. Untungnya di kampus ada komputer berinternet gratis, paling hanya butuh sabar mengantri karena banyak mahasiswa lain juga yang ingin menggunakan, yaa anggap aja waiting list. Nggak enaknya, menggunakan internet gratisan di kampus itu, harus tahu diri banget. Nggak ada tuh yang lama-lama buka ini itu karena banyak dari mahasiswa yang pake komputer untuk cari bahan kuliah. Kalo saya? Ummm waktu itu sih lagi sibuk belajar.........menggunakan Facebook. Ehehe.
Untungnya nggak lama setelah itu komputer di rumah dipasangin internet, jadi saya nggak perlu lama-lama ngantri di kampus atau warnet untuk internetan. Saya bisa online sampe pagi dan akhirnya menjadikan saya sebagai manusia kalong sejati sampe sekarang. Nggak enaknya jadi user teraktif adalah orangtua jadi menganggap saya paling ngerti soal koneksi internet dan komputer. Hasilnya? Tiap koneksi lemot, saya yang harus bolak-balik menghubungi petugas service supaya datang ke rumah untuk memperbaiki, saya juga yang harus bolak balik menggotong CPU ke tempat service saat komputernya bermasalah. Percuma deh udah dandan cakep-cakep eh disuruh gotong CPU naik angkot. Tapi karena itu saya jadi pahams sedikit-sedikit tentang internet dan komputer. Bahkan sampai pernah meerasa salah masuk jurusan, karena saya waktu itu kuliah di jurusan Sastra & Budaya. Saya pikir, hmmm mestinya saya ada di kelas IT nih, jadi programmer lah seenggaknya *ditoyor sejurusan* *ditimpuk jeroan CPU*.
Walaupun sekarang berkirim pesan udah jauh lebih gampang dengan adanya telepon, handphone, email dan sebagainya, kadang suka kangen sama jaman dahulu kala dimana momen-momen menerima surat dari Pak Pos itu senangnya luar biasa, jaman dimana mengumpulkan kertas surat yang bagus-bagus itu sangat menyenangkan karena tahu suatu saat kertas tersebut akan dipakai untuk mengirim surat kaleng buat seseorang yang ditaksir hahahaha.
Wahai generasi 90-an, masa kalian nggak inget sama kertas surat legendaris yang ada wangi parfumnya itu sih?

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS