Pages

Mengurus Visa Rusia Sendiri? Why Not! (Part 2)

Monday, May 25, 2015

Pagi itu saya tumben bangun lebih pagi demi berangkat ke Kedutaan Besar Rusia yang berlokasi di kawasan Rasuna Said, tepatnya di :
Jl. H. R. Rasuna Said Kav. 7 No. 1-2,
Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12950

Transportasi ke sana :
- Kalau menggunakan kereta Commuter Line bisa turun di Stasiun Cikini dan hanya tinggal naik bus Kopaja no. 20 yang ngetem nggak jauh dari stasiun. Kemudian turun lah di Plaza Festival yang letaknya berseberangan dengan  Kedutaan Besar Rusia.
- Kalau menggunakan bus Transjakarta, turun lah di Halte GOR Sumantri dan tinggal berjalan kaki ke kedutaan.


Bangunan kedutaan Rusia khas dan berwarna merah bata, gerbang masuk ada dua, nah untuk pengunjung biasa masuknya lewat gerbang otomatis yang letaknya sekitar 20 meter dari halte GOR Sumantri. Langsung masuk saja, karena nanti akan ada petugas keamanan yang meminta kita untuk menyerahkan KTP. Meja petugas konsuler bagian aplikasi visa sendiri letaknya persis di sebelah meja petugas keamanan di dalam kedutaan. Dan yang asyik adalah...nggak ngantri! Whoaaa~

Tadinya saya mengira situasi akan seperti permohonan visa Schengen yang konon katanya sampai ada nomor urutnya segala. Waktu itu saya hanya menunggu sebentar karena ada beberapa orang yang lagi sebelum saya yang sedang mengambil visanya. Dan setelah itu saya langsung dipanggil oleh petugas konsulernya, lalu saya menyerahkan dokumen, dan petugasnya meminta saya untuk menunggu sementara dia membuatkan kwitansi yang akan digunakan saat pengambilan hasil visanya nanti.



Di bawah ini ringkasan untuk dokumen aplikasi visanya :

1. Visa Form
Visa form ini bisa diunduh di situs resmi Kedutaan Rusia untuk Indonesia yaitu http://indonesia.mid.ru/ form ini boleh ditulis tangan (dengan rapi pastinya agar jelas terbaca oleh petugasnya) atau bisa juga langsung diketik dengan membuka form tersebut di Adobe Reader dan pilih add text. Sebenernya di konsuler sih juga tersedia visa form ini, tapi kalau saya pribadi sih lebih baik menyiapkannya jauh-jauh hari supaya nggak ada terlewat isiannya.



2. Fix Itinerary print-out
Susun lah rincian perjalanan dari mulai berangkat sampai nantinya pulang kembali, lengkap dengan tempat-tempat yang akan dikunjungi. Perlu diingat, konsuler Rusia hanya akan memberikan visa dengan validity (masa berlaku) sesuai dengan itinerary yang kita serahkan. Misalnya di itinerary kita berangkat tanggal 1 Februari dari Jakarta dan pulang ke Jakarta tanggal 10 Februari, maka jika visa disetujui, pihak konsuler akan memberikan masa berlaku visa selama 1-10 Februari itu. Paling jika kita sedang hoki, akan dilebihkan 1-3 hari sesuai kebijakan mereka. Jadi saat membuat itinerary harus dipikir matang-matang seperti lama perjalanan saat pindah ke kota lain, jangan sampai terlalu pendek dan akhirnya jadi kacau sendiri perjalanannya.

3. Air tickets booking (just booking confirmation)
Untuk tiket pesawat ini sejujurnya saya kurang paham dikarenakan tiket yang saya gunakan adalah tiket dari kantor. HAHAHAHAHAHA penumpang gratisan..hiks, karenanya waktu itu saya cukup minta ticket booking itinerary aja dari bagian reservasi tiket di kantor. Tapi menurut salah satu teman saya, kalau membeli tiket pesawat dari travel agent, kita bisa kok minta bantuan mereka untuk mencetak ticket booking-nya dahulu sebagai syarat untuk aplikasi visa. Nggak perlu dibayar dulu tiketnya, cukup booking aja. Dari konsuler pun nggak menyarankan untuk tiketnya udah dibayar dulu karena kalo sampai visanya ditolak kan sayang banget.

4. Hostel / Hotel confirmation letter
Saya booking semua hostel di tiap kota yang akan saya kunjungi cukup melalui Booking.com yang kemudian booking confirmation-nya saya cetak. Tapi ternyataaa malah dikembalikan oleh petugas konsuler di visa section-nya. Bukan...bukan karena ditolak kok, tapi karena mereka hanya butuh visa support. Tapi untuk antisipasi, sebaiknya tetap cetak booking confirmation yang dikirim via e-mail dari pihak Booking.com.

Bukannya promosi nih, tapi setelah dibandingin sana sini, emang booking hostel atau hotel lewat Booking.com so far paling enak. No additional charge fee, alias semua biaya yang ada di kolom total itu ya biaya yang nantinya akan kita bayar. Bookingnya pun nggak selalu harus pakai kartu kredit, banyak juga hostel yang nggak perlu pakai kartu kredit. Kita cukup isi data diri aja dan nanti booking confirmation akan langsung dikirim ke alamat e-mail kita. Sejujurnya ini juga masih tanda tanya buat saya sendiri, sampai-sampai saya mengirim e-mail ke pihak Booking.com untuk menanyakan bagaimana caranya mereka men-charge cancellation fee kita misalnya tiba-tiba kita membatalkan booking-an atau malah no show kalau dari awal kita tidak pernah memasukkan data kartu kredit. Dan sampai sekarang belum ada jawaban, hehehe. Entahlah. Mungkin ada yang tau??

5. Travel Insurance (not mandatory)
Saya sempat galau berat antara pakai travel insurance alias asuransi perjalanan atau enggak karena sejauh yang saya baca secara berulang-ulang di situs resmi Kedutaan sih, konsuler nggak mewajibkan ada asuransi sedangkan kalo liat di situs-situs travel agent hampir semuanya menjadikan asuransi sebagai salah satu syarat aplikasi visa Rusia.

Akhirnya saya dapat 2 kandidat travel insurance yang pas, baik dari segi coverage (cakupan perlindungan) dan harga yaitu AXA dan Zurich. Keduanya menjamin pengembalian premi kalau ternyata visa kita ditolak, bedanya kalau AXA ada potongan adminnya, sedangkan Zurich bebas potongan admin. Tapi dari segi biayanya Zurich emang sedikit lebih tinggi dari AXA.

Sampai pada hari H-nya, saya masih bingung mau pakai atau nggak soalnya kalau ternyata udah beli dan nggak diperlukan sama pihak konsuler agak malas juga, walaupun pada dasarnya itu untuk proteksi kita sendiri ya, tapi...hiks..sebagai traveler gembel, pastinya saya mikir banget dong huhuhu. 

Anyway, untungnya saya tetap percaya sama insting traveler gembel ini, jadi saya nekat nggak pakai asuransi dan saat saya menyerahkan dokumen ke petugasnya, saya agak deg-degan juga sih tapi memberanikan diri untuk bertanya apakah mereka mengharuskan saya memiliki asuransi perjalanan atau enggak, daaaaaannn ternyata nggak butuh dooong! Yeeyyy! Selamat deh sekian puluh dollar eyke, hahahaha *puas*

6. Visa Support
Visa support ini bisa dibeli secara online, harganya sekitar 30 USD dan seperti yang udah ditulis di post sebelumnya, sayangnya nggak banyak travel agent di Rusia yang memiliki layanan visa support untuk WNI dikarenakan Indonesia masuk ke dalam kategori migration risk country alias negara yang warganya beresiko melakukan migrasi ke negara lain. Sedih. Hiks.

Tapi jangan kuatir, masih ada kok agent yang bisa melayani WNI, walaupun prosesnya jadi lebih lama. Kalau yang negara-negara di luar migration risk country category itu biasanya 1 hari bisa selesai bahkan ada yang menjamin visa support selesai dalam 1 jam setelah pembayaran! SAYA IRI.

Saya sendiri kemarin menggunakan jasa visa support dari Express to Russia, biayanya 30 USD dengan lama proses 3 hari kerja. Pembayarannya sendiri menggunakan kartu kredit. No other ways. Jadi yang berniat order tapi nggak punya kartu kredit, buruan cari orang yang rela meminjamkan kartunya ya hehehe.

7. 2 photo, size 3 x 4 (white background)


Pihak kedutaan hanya menerima pembayaran tunai dan nggak bisa pakai credit card atau debit card. Mereka juga hanya mau terima uang pas yaitu USD 70, kalau kita membayar dengan menggunakan rupiah, kursnya 1 USD = 14.000 IDR. I think that was my lucky day, sebelum ke Kedutaan, saya pergi ke money changer di Pasar Festival untuk mencari pecahan USD 20 karena saya hanya ada pecahan USD 50. Dan ternyata di money changer itu tinggal ada 1 lembar USD 20, ratenya pun nggak digetok, 13.100 IDR.

Wawancara? NGGAK ADA! Iya nggak ada sama sekali. Petugasnya cuma meminta saya untuk datang kembali tanggal 2 April 2015 jam 12 siang, sekitar 2 minggu dari tanggal penyerahan dokumen.

Menunggu itu hal yang paling nggak mengenakkan. Apalagi menunggu hasil visa. Karena kalau sampe ditolak kan bisa nangis di halaman kedutaan sayah. Usaha dan biayanya nggak sedikit yang keluar, hehe. But God listened to my every prayer. Siang itu saya bangun kesiangan dan sampai di Kedutaan jam 1 siang kurang 15 menit padahal waktu nyerahin dokumen dulu sudah dinformasikan untuk datang jam 12 siang. Uhh..

Waktu saya masih dalam perjalanan di kereta, saya udah sempat menghubungi bagian visa dan mereka bilang untuk urusan visa akan tutup jam 1 siang. Saya pun segera meluncur naik ojek tanpa tawar-menawar ongkos lagi dan minta bapak ojeknya untuk ngebut padahal siang itu hujan deras *don't try this at anywhere*. Untungnya saya masih diperbolehkan masuk dan setelah petugas visanya mengembalikan passport saya, proses membuka passportnya pakai segala keringet dingin hahahaha.

Tapii..TADAAAAAAA! It's approved! *joget hula-hula dalem hati*. Sampai dengan bodohnya dan bermuka cengo, saya bertanya ke petugasnya "Emm..mas, ini artinya udah diapprove kan ya?", dan si masnya pun menjawab sambil ketawa (ketawa ngeledek kali ya), "Ya iyalah, itu kan visanya udah ditempel masa nggak dikasih?". Deuuh..untung nggak langsung saya peluk si masnya saat itu juga saking girangnya, hehehe.

Here it is, my Russian visa :


OMG! Finally I got my first visa! And it is for Russia!

Kesimpulannya, kita nggak akan pernah tau hasilnya kalo nggak dicoba. Selama Tuhan berkehendak, semuanya bisa mungkin kok *wink*

So, Russiaaaaa I'm comiiiiing~~~!

28 comments:

  1. hi..mampir di blog ini karena juga lagi mengalami H2C nunggu hasil visa rusia nih..btw mau nanya, kamu dari moskow ke st peterburgnya naik pesawat atau kereta ya? saya lagi bingung dilema pilih yg mana nih

    thanks ya
    Just posted: Fushimi Inari, Kuil Sejuta Gapura di Kyoto | The Traveling Cows

    ReplyDelete
  2. Halo mbak, thank you udah mampir :)
    Kemarin sih saya naik kemana-mana naik kereta, maklum budget terbatas hehe. Tapi enaknya kereta kita sampainya udah di tengah kota mbak, bisa tinggal jalan kaki kemana-mana, kalau budget lebih bisa ambil yg kompartemen tertutup biar nggak 'harus' berkomunikasi sama orang Rusia asli hehehe. Semoga lancar visa & travelnya yaa ^^

    ReplyDelete
  3. thank u ya, iya akhirnya aku ambil kereta seperti saranmu. thanks ya

    btw kalau boleh tau sewaktu masuk Rusia itu di cek ga di imigrasi atau dimanapun apakah kita punya asuransi kesehatan? soalnya klo liat di webnya itu kan sebenernya salah satu syarat tapi sewaktu saya masukin dokumen aplikasi visanya ngga perlu katanya. jadi kuatir aja.

    ReplyDelete
  4. @Vari The Traveling Cow:

    Hihih maaf baru bales, blog error karena diutak-atik. Soal travel insurance atau asuransi lainnya nggak ditanya kok, aku pun nggak asuransi sama sekali. Proses di imigrasi standar dan tergolong cepat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you ya bwt sharingnya, auk bolak balik baca blog kamu selama disana...aku udah pulang juga nih dari rusia, hahaha seneng yaaaaa..

      Delete
    2. Most welcome mbak :) asiiik, kalap borong oleh-oleh kah? hehehe. Ahh aku jadi pengen balik lagii *maruk*

      Delete
  5. Mba ada contact person yg bisa aku hub gak? Soalnya aku juga pergi solo dan bakal jumpa kawan foreigner di sana. Makasih ya mba sukses terus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo :)
      CP di Rusia maksudnya mbak? Kebetulan kemarin aku sama temen2 yg lagi kuliah di sana tapi ini udah pada balik ke indo =)) kalo solo, coba ke KBRI di Moskow aja mbak, siapa tau ada yg bisa guide-in.
      Thanks you, sukses juga untuk mbak :)

      Delete
  6. Misi, mau nanya nih..
    rencana mau berangkat ke Russia, udah baca2 tulisannya dan membantu banget..
    tapi aku di Russia stay di Tomsk bukan di Moscow, mungkin hanya transit aja 1 hari, nah nanti di Tomsk tinggal di apartment temen, kalo gitu perlu invitation letter dari Travel agent juga gak ? ato aku beli invitation letter dari travel agent + invitation letter suruh temen aku ketik email juga ?

    yg recommend travel agent utk visa support apa ya, kok skrg banyak yg gak terima WNI.. :( ada waystorussia tapi ada warningnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo :)
      Makasih ya udah mampir, seneng deh kalo infonya berguna :D
      Untuk pengurusan visa, dimanapun kita menginap nantinya tetap harus pakai visa support dari travel agent, sempet sih baca di salah satu blog, kalau di sana kita stay sama keluarga atau teman nanti keluarga/teman itu harus mengirim visa support sebagai penjamin dan prosesnya berbelit karena mereka harus lapor sana sini juga di sana supaya bisa digunakan untuk pengurusan visa (CMIIW). Jauh lebih praktis dan gampang emang beli visa support secara online.

      As written on my blog, saat itu saya cuma nemu Express to Russia yang melayani WNI, tapi kalau mereka udah nggak bisa, langsung googling aja banyak kok, bisa dicek juga di Real Russia salah satunya :)

      Delete
  7. lah itu kok di kotak fotografii, tidak ada fotonya ?
    apa memang begitu ?
    lalu kedua photo yang dalam requirementnya, dikemanakan dong?
    disimpan mereka? hiks hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang biasanya nggak ditempel fotonya, mungkin untuk database mereka aja. Karena saya sempat googling juga antara mau tempel sendiri atau dibiarin kosong, tapi di visa Rusia yg dikeluarkan oleh negara lain juga pada kosong kok bagian fotonya :)

      Delete
  8. Hi tanya dong, saya juga lagi mau ngurus visa rusia sama temen saya, tapi kita berdua ga ada yg bisa ke jakarta dalam waktu dekat. Diwakilkan bisa ga ya? Bukan diwakilin travel agent, tapi sama temen kita aja. Iya kita ga ngurus lewat travel agent krn mereka minta syarat2 lain yg ga ada di website kedubes rusia, dan mahal, rata2 minta 1,6 dan itu ga termasuk mereka bantuin utk invitation letter. 70 usd kan kira2 sejuta lah ya, masa cuma utk ke kedubes dan ngambilin mereka minta 600ribu?! (Sorry for my rant haha).

    Trus kita sama juga rute moscow-st petersburg, mungkin day trip ke vladimir-suzlad. Pertanyaan kedua, bookingan tiket kereta apa perlu disertakan juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi juga :)

      Kalau untuk diwakilkan saya sendiri kurang paham karena waktu itu ngurus sendiri, dan iya pastinya kalau lewat travel agent jauh lebih mahal karena bayar jasa, plus biasanya travel agent minta persyaratan travel insurance which is lumayan mahal juga secara belum tentu dipakai hehehe. Untuk lebih jelasnya, bisa langsung telvon ke bagian consular di jam kerja :)

      Untuk ticket booking nggak perlu disertakan kok, cukup round way flight ticket aja untuk aplikasi visa. Kereta, domestic flight ticket dan sejenisnya nggak perlu.

      Trims udah mampir, semoga jawabannya membantu ya :)

      Delete
  9. hai mbaa.. senin aku mau apply visa nih, visa support udah dapet :D
    cuman 1 yang masih takut & bingung, booking confirmation ticket.
    Aku booking dari S7.ru, booking limitnya 2 hari, apa nanti pas dilampirin ke kedutaan ga apa2 ?

    kan kata mereka ga di saranin beli tiket dulu ya, tapi book aja, booking ada time limitnya, ga masalah kan ya ga harus dari travel agent ?

    :D

    thanks mbaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba beli visa support di mana ya websitenya? udah cari2 agency yg di russia ga ada yg provide lagi tuh, mohon infonya ya

      Delete
    2. saya beli di destinationrussia.com mereka nerima indonesia kok, untuk yg langsung jadi sekitar 27-28$.. ini yg paling murah yg saya temuin.

      ada lagi sih, tapi harganya agak mahal.. hostel-pro.ru juga terima, itu harganya jg murah

      Delete
  10. Maaf mau tanya, kalau visa support selain urus di Express to Rusia, di mana lagi ya?
    Karena pilihan negara Indonesia gak ada euy...

    ReplyDelete
  11. saya beli visa support di destinationrussia.com prosesnya cepet banget, gak sampe 30 menit visa support udah sampe di email, harga sekitar 27-28$..

    ada juga hostel-pro.ru, harganya kurang lebih sama, ada juga sebenernya travel agent lain tapi harganya tinggi banget..

    saya lg proses apply visa, disuruh balik lg tanggal 2 februari nanti, lagi deg-deg'an mudah2an di approve ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi proses visa juga ya?
      Sama kalo gitu,
      Tapi tadi saya disuruh balik lagi.
      Disuruh melengkapi dengan tiket yang sudah di bayar :(
      Ga boleh pake tiket yang belum dibayar :( (entah confirmed dari travel agent atau pun dari website).

      apakah ini peraturan baru atau apesnya saya aja ya.
      mohon pencerahannya.

      Saya lagi nyari2 tiket murah jadinya.
      Biar bias balik lagi kesana ngasih tiket yang sudah paid.

      -Rere-


      Delete
    2. sudah bereskah visanya ?
      visa support dari destinationrussia.com OK kah ?
      bisa diterima oleh kedutaan Rusia saat apply visa ?

      Delete
  12. mbak, sama sekali gak butuh rekening koran ya ? gak perlu punya tabungan berapa misal minim 5000 usd? kog aku baca-baca gak ada. ato aku yg ngebacanya terlalu semangat sampe bablas bablas :D (icha)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Icha!

      Yep, sama sekali nggak butuh, tapi itu pas saya sih ya, soalnya sekarang ada perubahan kabarnya. Salah satunya soal tiket yg harus udah confirmed. Semoga sih tetap nggak butuh karena itu yg membedakan visa Rusia dengan visa negara Eropa lainnya hihihi (maklum saya juga melambai ke kamera kalau harus ngasih rekening bla bla bla).

      Thanks ya udah mampir :)

      Delete
    2. Bisa minta nomor telfonnya ga mbak, sy butuh info lebih detail. Mungkin anda bs bantu share informasi.

      Delete
  13. Mohon bantuan atau informasi nya terkait Visa Support.
    Mungkin bisa dibantu informasinya bagaimana mendapatkan visa support, karena sy kontak travel agent Indonesia mereka menawarkan proforma Hotel (hotel voucher).

    Sedangkan syarat dr kedutaan rusia hrs menggunakan visa support yg dibuat dalam bahasa rusia

    ReplyDelete
  14. Hallo,mau nanya dong.Td waktu mau beli visa support di express to rusia kok ga ada negara indonesia ya di pilihan citizennya?Dulu begitu juga ga?

    ReplyDelete
  15. thank you so so so much mba~~ informasinya membantu banget!!!!
    Soalnya saya udah mendamba2kan pergi ke russia tapi masih ragu masalah pengurusan visanya. Tapi dengan penjelasan mba (minus ujan2an dan panikannya) saya agak lega karena ga sesulit yang saya bayangkan.

    Sekarang tinggal plan saya di realisasikan.

    Thank you again~~

    ReplyDelete
  16. Halo kak aku mau tanya kalo untuk transit aja apakah perlu visa ? Karena saya berencana ke kyrgizstan via moscow, karena tiket nya jauh lebih murah drpd langsung ke kyrgizstan nya ? Terima kasih :)

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS