Pages

Mengurus Visa Rusia Sendiri? Why Not! (Part 1)

Monday, May 25, 2015

Caution : Ladies & Gentlemen, please be advised that it's gonna be a LONG post! LOL



Baiklah, setelah lama nggak posting, kali ini saya mau berbagi informasi mengenai aplikasi visa Rusia. Ini semua semata-mata karena saya sendiri sempet pusing cari referensi cara apply visa ke Rusia yang baik dan benar. Akhirnya kegiatan begadang saya setiap malam untuk mengobrak-abrik hasil Google membuahkan hasil, saya menemukan satu tulisan milik The Traveler Post yang cukup menenangkan batin, jelas dan yang pasti bukan tulisan lawas sehingga bisa dijadikan panduan, ini dia linknya : Cara Mudah Pengurusan Visa Russia

Bisa dilihat di kolom komentar dalam postingan itu, saya cerewet bertanya ini itu kepada sang pemilik blog, karena saat itu bener-bener buntu mau tanya siapa. Untungnya pemilik blog itu sabar menjawab dan cukup update untuk mengecek komentar jadi pertanyaan saya nggak terlantar hahaha. Maaf ya mbak/mas atas kebawelan saya, maklum, newbie polos yang tersesat.

Oh ya, kepanikan visa Rusia ini diawali dari keputusan saya untuk berkunjung ke suatu tempat yang lebih jauh daripada negara-negara di Asia Tenggara dengan menggunakan ticket benefit dari kantor yang notabene merupakan salah satu maskapai asing. Saya berhak atas jatah tiket yang bisa dipakai ke negara manapun yang termasuk dalam rute penerbangan maskapai tersebut, yah asalkan dana akomodasi mencukupi *korek celengan ayam*. Satu ketika saya dan dua orang teman kantor memutuskan untuk mencoba berkunjung ke Rusia. Yes, Rusia, negara yang terkenal dingin dan keliatan sangar nun jauh di sana. Kebetulan jaman kuliah dulu saya emang salah satu rakyat Sastra Rusia, jadi tentunya saya sih semangat-semangat saja. Sekitar 2 bulan dari tanggal hasil rembukan, kita udah kasak-kusuk sana-sini cari referensi. Beberapa malam saya begadang sampai matahari muncul, demi menyusun itinerary yang ciamik dan bisa menyikat habis tempat-tempat menarik di sana, tentu beserta landmarknya. In the end, saya memutuskan untuk mengunjungi 3 kota yaitu Moskow, Saint Petersburg dan Volgograd.

Moskow dan Saint Petersburg sudah pasti wajib ada di itinerary. Masa iya sih udah ke sana tapi nggak ke dua kota itu, rugi bandar dong. Kalau Volgograd? Err..itu mau ngunjungin temen lama aja hahaha, di sana sih nggak ada tourist attraction sebanyak di 3 kota yang gue sebutin sebelumnya, hehehe. Tapi Volgograd adalah semacam kota pahlawan dimana saat perang dunia kedua dahulu, di kota ini terjadi peperangan terbesar seantero Rusia. Jadi, kota ini cocok sekali bagi para pecandu sejarah.

OK, setelah lama berkutat sama itinerary, cari hostel, diskusi soal rute perjalanan dan lain lain, tiba-tiba dua teman saya dengan teganya memutuskan mundur dari rencana trip ini karena takut visanya ditolak. Hiks. Saat itu saya merasa runtuh dan hancur..nggak sih, cuma mau ngunyah orang aja. Nyali saya mulai menciut ketika salah satu senior di kampus yang--setau saya--beberapa kali berkunjung ke sana sempat memberi gambaran kalau solo traveling ke Rusia tergolong sulit karena mereka lebih menerima yang sudah dalam group yang disusun oleh travel agent. Sedangkan saat itu saya benar-benar sendiri, saya ulang pemirsa, S-E-N-D-I-R-I. Oh no.

Sampai satu ketika lagi buka Instagram, saya melihat kutipan yang berbunyi :
"Do what possible you can do, and let Allah handle the impossible part"
Ya kurang lebih seperti itu. Dan mendadak saya pun langsung ngumpulin niat untuk nekat apply. Malam itu juga saya begadang lagi sampai pagi untuk merombak itinerary habis-habisan, sekaligus sambil cari hostel yang reviewnya bagus, murah dan pastinya FREE CANCELLATION FEE alias gratis biaya pembatalan di Booking.com. Untungnya limit kartu kredit masih banyak jadi tenang bookingnya. Malam itu juga cari travel agent yang trusted alias terpercaya untuk bikin visa support.

Hah? Apaan lagi itu visa support? Well..ini lah uniknya apply visa ke Rusia. Kita nggak perlu nunjukin saldo tabungan yang mesti warbiyasak jumlahnya itu, tapi cukup kasih visa support yang sebenernya sih semacam undangan (invitation) dari travel agent yang ada di Rusia sana, kalau emang nantinya akan menginap di rumah keluarga atau teman ya mau nggak mau harus minta mereka untuk mengirim invitation letter yang akan kita gunakan untuk mengajukan permohonan visa. Well, sebenarnya sih tetap lebih mudah jika menggunakan visa support dari travel agent karena nggak akan merepotkan siapa-siapa kecuali diri sendiri. Cuma ya itu, tentunya harus keluar biaya lebih untuk membelinya.

Pada dasarnya, ada banyak travel agent di internet yang keliatannya terpercaya dengan besaran biaya yang sangat kompetitif dan saya pun langsung mem-bookmark situs resmi mereka untuk memesan visa support esok harinya karena saat itu hari Minggu dan rata-rata agent menawarkan langsung jadi dalam 24 jam pada hari kerja, jadi saya berpikir daripada kenapa-kenapa sama pembayaran kartu kreditnya terkait sistem, lebih baik sekalian saja saya order besoknya di hari kerja. Oh iya FYI, Rusia dan Indonesia itu bedanya sekitar 4 jam jadi jangan lupa liat-liat jam juga ya, kalau bisa membuat pesanan visa support-nya saat jam kerja supaya nggak lebih lama prosesnya. 

Besoknya saya udah gembira ria mencetak itinerary, booking-confirmation di 3 hostel, visa application form, dll. Lagi-lagi saya berpikir "Ah visa support kan cepet jadinya, nanti siangan juga nggak apa lah, berarti kan di sana masih pagi".

And as you know, what-the-heck moment is always around. Pas saya udah yakin akan pesan visa support di agent yg menawarkan visa support hanya dengan GBP 15 atau kurang dari 300.000 rupiah dan selesai dalam kurang dari 1 jam, saya nggak bisa menemukan pilihan "Indonesia" di kolom nationality, akhirnya saya langsung mengirim e-mail ke agent-nya, jawaban mereka membuat dengkul saya lemas seketika, karena katanya Indonesia termasuk dalam negara yang resiko migrasinya tinggi, sehingga mereka nggak bisa menyediakan visa support untuk WNI kecuali kalau saya ingin sekalian booking hotel lewat mereka yang pada dasarnya si hotelnya yang bikinin visa support. Akhirnya saya googling lagi sambil memperhatikan FAQ-nya, uh ternyata eh ternyata hampir semua agent nggak menyediakan visa support untuk WNI, kalaupun ada, biayanya jadi lebih mahal dan lebih lama prosesnya. Budget saya saat itu pokoknya biaya untuk visa support nggak boleh sampai mendekati USD 50, kalau sampai nggak ada, saya udah mau nekat pakai jasa free visa support yang ditawarkan oleh salah satu anggota forum Lonely Planet di thread-nya. Tadinya sih udah hampir kirim request ke si pembuat thread free visa support itu tapi agak ketar-ketir karena harus kirim scan passport dan data diri lainnya. Ngeri kankalo ternyata itu scam. Entah kenapa saya takut kalau sampai data diri saya disalahgunakan.

Finally I found the visa support service which can provides for Indonesian! Yay! Bukan promosi, bukan iklan, namanya Express to Russia, dan biayanya USD 30. 


Sayangnya untuk negara yang masuk ke kategori migration risk countries, proses pengerjaannya 3 hari kerja, baiklah, saya pasrah. Yang penting jadi dan agent ini reliable. Saya pun langsung melengkapi ordering form (formulir pemesanan) yang berdasarkan pada itinerary dan hostel yang akan ditempati. Pembayarannya melalui kartu kredit. Setelah itu ada email masuk untuk verifikasi dan konfirmasi pesanan.

Oh iya Tourist single entry itu untuk yang cuma sekali masuk ke Rusia, kalo misalnya dari Rusia mau ke Ukraina atau Turki dll, terus masuk ke Rusia lagi, harus wajib dan kudu pesan yang Tourist double entry yaa. The great news is you pay for same amount whether for single or double visa through this agent! Saya agak menyesal sih kenapa nggak pesan yang double aja, tapi waktu itu udah kepalang panik dan pusing, daripada ngerombak itinerary lagi, mending langsung proses yang ada aja kan, hiks. Moral of the story, jangan panikan! Hehehe.

3 hari kemudian saya jadi rajin periksa e-mail di kotak masuk setiap setengah jam sekali, sampai agak sore visa support belum nongol juga di kotak masuk, saya pun mulai panik (lagi) dan langsung mengirim e-mail untuk konfirmasi ke tim Express to Russia itu, untungnya mereka langsung tanggap dan membalas e-mail saya, mereka bilang visa support seharusnya akan sampai dalam waktu dekat, dan emang nggak sampai 15 menit setelah itu, visa support pun masuk ke kotak masuk saya.




Saya pun segera memeriksa secara teliti baik yang bagian bahasa Inggris dan bahasa Rusianya, di situ saya bersyukur masih bisa paham bahasa itu walaupun udah bertahun-tahun nggak dilatih hehehe. Ada beberapa poin yang saya harus konfirmasi ulang terutama untuk alamat pengirim visa support, di situ tercantum kalo alamat Express To Russia itu ada di Saint Petersburg padahal nantinya saya akan mendarat pertama kali di Moskow, bukan Saint Petersburg. Saya agak was-was karena pernah dapat informasi bahwa kalau alamat agentnya harus ada di kota yang sama dimana kita masuk Rusia nanti. Misalnya pesawatnya mendarat di DME (Domodedovo Airport) berarti agentnya harus dari Moskow atau kalo kita mendaratnya di LED (Pulkovo Airport) berarti agentnya harus berada di Saint Petersburg. Tapi ternyata menurut tim Express to Russia, itu nggak masalah sama sekali karena yang nanti ditunjukin ke petugas imigrasi di sana adalah visa Rusia yang sudah jadi, bukan visa support-nya. Iya sih, alasannya masuk akal banget. Kayanya emang saya yang kebanyakan makan mecin deh jadi susah mikir jernih hahaha.

Akhirnya saya pun mulai tenang karena hanya tinggal menyerahkan dokumen pengajuan visa ke Kedutaan Rusia di bilangan H.R. Rasuna Said sana. Berdoa banyak-banyak, minta restu sama mamah *duile udah kaya mau kawin aja hahaha*


To be continue...

42 comments:

  1. mau tanya, saya coba buat visa support letter di expresstorussia tapi di citizenship nya enggak ada Indonesia. Gimana ya bisa bantu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, thank you udah mampir :)
      Kalo tadi aku liat sih Indonesia udah nggak masuk di migration risk countries di Express To Russia, jadi langsung pilih Tourist Single Visa aja yg biayanya 18 USD.
      Hope it helps and sukses ya visanya :)

      Delete
    2. saya kemarin menggunakan jasa dari :

      https://www.destinationrussia.com/visa/russian-tourist-visa

      Hanya $19

      Delete
    3. 19 euro ya?
      Waktu itu saya mengacu ke pengalaman² orang luar yg udah pernah pakai visa support karena bisa dibilang gambling (bisa dikirimin, bisa enggak, secara dicharge di depan), jadi takut nyoba² :)) mantep lah kalo ada yg lebih murah dan meyakinkan :)

      Delete
    4. iya betul kata mbak PUSPITA BRILIANTH Indonesia udah gak bisa. bukan hanya migration risk tapi udah gak bisa ngeluarin visa support untuk Indonesia.

      Please note due to licensing issues Express to Russia cannot issue Russian visa support to citizens of the following countries: Indonesia, dll.

      Delete
    5. so, skrg untuk urus Visa Support drmn ya?
      ada rekomendasi?

      Delete
  2. hai.. mau tanya bagaimana cara registrasi visa begitu tiba di rusia.apakah hostel bisa membantu untuk meregistrasikanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Bedjo,
      Saya kurang paham registrasi visa yg seperti apa karena visa saya cuma dicheck saat di bagian imigrasi saat landing di DME. Setelah itu saya ke KBRI untuk lapor pun katanya nggak perlu jadi saya langsung jalan² tanpa ada registrasi lagi. Untuk hostel, biasanya mereka cuma menyediakan jasa visa support aja :)
      Terima kasih udah mampir :)

      Delete
  3. hallo mbak bisa baca cyrillic ga?? saya mau minta bantuannya mbak rewrite tulisan cyrillic please

    ReplyDelete
  4. oh ia saya boleh minta tolong lewat email mbak? karna ini privacy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan, kalo saya bisa, saya bantu :)
      Emailnya di felamongi1508@yahoo.com

      Delete
  5. hai mbak,saya dari Malaysia,saya mahu tanya,kalau sudah buat passport,lepas itu order invitation letter kan?lepas itu,kalau sudah ada invitation letter baru boleh pergi Russian Embassy untuk buat visa kan? dan setelah selesai ketiga-tiga benda ini baru la saya boleh beli tiket kapal terbang kan? betul tak step-step itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga :)

      Iya, jadi passport sudah selesai, kita order visa support, booking hotel, flight booking dll, setelah itu semua dokumen dilampirkan di visa application, kalau visa sudah approved, baru kita bisa issue flight ticket. Tapi itu regulasi di Indonesia ya, saya kurang paham untuk regulasi kedutaan Rusia di Malaysia, mungkin bisa langsung check website atau kontak langsung ke pihak kedutaan.

      Terima kasih sudah berkunjung, semoga lancar ya :)

      Delete
  6. hallo mbak, terima kasih atas ketikan infonya diatas, saya ada pertanyaan mengenai ini, setelah kita order visa support (single entry) melalui kartu kredit, itu balasan email dari express to russianya seperti ini yah --> "Thank you for submitting your request.
    YOUR ORDER IS PENDING CONFIRMATION.

    We have received your request and are processing your order. We will try to reserve the hotel as quickly as possible. In the case that the hotel that you have requested is not available, we will offer you other variations. Your card will be charged only after confirmation from the hotel of your choice (either the hotel that you requested initially or an alternative hotel that you have agreed to). If your request is urgent, please contact us." (disini saya sedikit ragu, apakah pembayarannya berhasil atau tidak *karena tidak ada message repply dari pihak kartu kredit ataupun express to russia yang menandakan transaksi berhasil* atau malah mungkin baru berhasil pembayarannya/transaksinya setelah visa support keluar ?), terima kasih mbak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas (semoga nggak salah panggil hehe),

      Reply-nya udah bener kok, nanti setelah itu baru kita terima payment confirmation dan sekitar 3 hari kerja selanjutnya visa support akan dikirim langsung ke email. Kalau ada pertanyaan atau masih bingung juga kita bisa email ke mereka, IMHO cukup responsif :)

      Thanks ya udah mampir, semoga lancar travelingnya ^_^

      Delete
    2. aahh..oke oke, terima kasih infonya, sangat membantu :)

      Delete
  7. mbak kayaknya kmaren saya mbaca post mbak di kaskus tapi skarang saya gabisa nemuin post mbak. boleh saya minta link post mbak di kaskus soal traveling di russia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf jarang buka blog hehe, iya ini linknya :
      http://www.kaskus.co.id/thread/5585826ed675d4056b8b4567/rusia-random-tips-saat-traveling-di-rusia

      Sama aja sih sebenernya sama yang saya posting disini, cuma disesuaikan kosa katanya aja, makasih udah mampir :)

      Delete
  8. Halo mbak. Makasih udah berbagi di blog ini :) Lagi ditengah kegalauan karena taon depan pengen ke Rusia dan Scandinavia (Finland, Sweden, Norway, Denmark). Namun harga dari travel cukup fantastis, bervariasi antara Rp.54-60an juta :( jadi terpikirlah untuk jalan sendiri..

    Saya mau tanya:
    1. Kira2 berapaan harga tiket pesawat PP ke Rusia (promo & tanpa promo)? Maskapai apa? Barusan saya cek, tiket PP ke Rusia untuk bulan Mei sekitar 10-11.6 juta bervariasi di bandara SVO, VKO, DME. Apakah tiket tsb sudah murah? Sebaiknya mendarat di bandara yang mana?

    2. Bulan berapa sebaiknya mengunjungi Russia?

    3. Apakah sy boleh minta itinerary dan perincian budgetnya? Saya mau bandingin dengan budget klo lewat travel yg Rp.54-60 jutaan itu :( Kalau boleh, bisa dikirim ke email saya ronnylimbunan@yahoo.com :)

    4. Dari Moscow menuju St.Petersburg. Menurut mbak lebih baik mana dengan kereta cepat atau pesawat?

    5. Saya kan berdomisili diluar Jawa. Apakah sebaiknya visa Rusia saya minta diuruskan oleh travel aja? Apakah ada interview di russian embassy?

    Makasih banyak ya mbak. Mohon maaf banyak sekali bertanya hehe..

    ReplyDelete
  9. Kalau boleh ikut jawab kakak Ronni ,

    1. Untuk Bulan Mei, sekali jalan Vietnam Airlines Kuala Lumpur - Moscow ( DME ) $230

    https://www.google.com/flights/#search;f=KUL;t=DME;d=2016-05-04;r=2016-05-08;tt=o

    2. Sebaiknya Awal Musim Semi..

    3. saya habis $1000 untuk 10 hari di Moscow & St. Peteraburg

    4. saya sarankan naik pesawat, selain menghemat waktu juga murah kok ( naik S7 airline atau Aeroflot )

    5. Pengurusan Visa bisa diwakilkan/ melalui travel ( tidak ada wawancara )


    itu dulu sementara semoga bisa ikut membantu..spasiba..

    ReplyDelete
  10. Kalau boleh ikut jawab kakak Ronni ,

    1. Untuk Bulan Mei, sekali jalan Vietnam Airlines Kuala Lumpur - Moscow ( DME ) $230

    https://www.google.com/flights/#search;f=KUL;t=DME;d=2016-05-04;r=2016-05-08;tt=o

    2. Sebaiknya Awal Musim Semi..

    3. saya habis $1000 untuk 10 hari di Moscow & St. Peteraburg

    4. saya sarankan naik pesawat, selain menghemat waktu juga murah kok ( naik S7 airline atau Aeroflot )

    5. Pengurusan Visa bisa diwakilkan/ melalui travel ( tidak ada wawancara )


    itu dulu sementara semoga bisa ikut membantu..spasiba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo masbedjo, makasih banyak atas masukannya...

      1. Saya sudah membuka link yang masbedjo berikan. Wow murah banget ya. Tapi apakah Vietnam airlines aman dan fasilitas, pelayanan, dan makanannya cukup baik? Setahu saya kebanyakan maskapai yang bagus adalah SQ, Emirates, Qatar, Etihad, dan Turkish. Pengalaman masbedjo dulu ke Rusia dengan maskapai apa? Harga tiket berapaan?

      2. Awal musim semi di bulan April ya mas?

      3. Boleh saya minta itinerary dan perincian budgetnya mas? Karena posisi diluar jawa, saya kesulitan mencari buku panduan traveling ke Russia di toko buku :(

      Thanks anyway.. :)

      Delete
    2. 4. MasBedjo, barusan saya cek, KUL - Moscow (PP) dengan Vietnam Airlines (tiket promo) sekitar 5 jutaan aja! Gilaa murah bener :) sedangkan klo beli terpisah (one way) KUL - Moscow 2.5 - 3.2 Juta. Murah mas.

      Yang mau saya tanyakan.. rencana kota pertama tujuan saya adalah Moscow, lalu St.Petersburg, kemudian ke Helsinki (Finland), lanjut ke Sweden, Norway, dan terakhir di Copenhagen (Denmark) lalu pulang ke Indonesia.
      Namun Vietnam Airlines tidak punya penerbangan dari Copenhagen.. Apakah ada solusi utk maskapai yg terjangkau dr Copenhagen ke Kuala lumpur / Jakarta?

      5. Masbedjo kalau tidak keberatan boleh minta kontak WA/Line/Facebook nya? Bisa kirim ke email saya ronnylimbunan@yahoo.com

      Makasih banyak.. Maaf udah merepotkan..

      Delete
  11. hai mbak, thanks for sharing ngebantu banget mahasiswa yg lagi pusing exchange ini hahaha
    mbak mau nanya, itu FREE CANCELLATION FEE di booking.com apa bisa di cancel setelah visanya sudah jadi?
    Thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo :)
      Most welcome, seneng deh tulisan ini ada gunanya selain ajang curcol saya hahaha. Untuk free cancellation fee itu bisa dicancel kok selama belum lewat batas tanggalnya, saya sendiri hostel di visa dan di kenyataannya beda karena ganti kota destinasi :)

      Btw, congrats yaa untuk exchangenya ^_^ terima kasih udh mampir, semoga prosesnya lancar!

      Delete
    2. saya mau tanya mba, apakah setelah visa rusia jadi, bokingan hotel di visa support bisa di cancel ya? karena berhubung mau cari tempat tinggal lain begitu

      Delete
  12. siang, di expresstorussia.com di bagian 'Please enter information to be used for issuing you a visa invitation' di list citizen tidak ada Indonesia. hikss. hikss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, selamat malam (hikhikhik namanya juga nocturnal, makhluk malam :p)
      Yah sayang banget, mungkin karena adanya travel warning dan gelombang migrasi akhir-akhir ini kali ya? Coba cek di http://ivisaonline.com/ atau realrussia.co.uk, tadi sih saya liat masih bisa untuk Indonesian citizenship.

      Kalau ternyata mereka nggak melayani, satu-satunya cara beli visa support di hostel atau hotel tempat Mbak/Mas menginap, yang pastinya mahal sih :( semoga dapet ya yg murah dan trusted.

      Terima kasih udah mampir :)

      Delete
  13. ahh tanya lagi ahh. jadi untuk apply visa Rusia ini tidak diperlukan surat keterangan kerja dari tempat bekerja dan reference letter dari bank ?
    cuma ya itu ya, hiks.. kenapa mesti ada visa support sih kk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, sorry for my late reply. Lama nggak buka blogger hehe.

      Yep, surat keterangan kerja atau penghasilan nggak dibutuhkan kok untuk apply visa Rusia :)

      Delete
  14. hi.. mbak
    aku jumat kemarin beli visa support dari expresstorussia, and sudah dapat confirmation payment nya
    apa setelah itu aku perlu melampirkan booking hotel nya..
    karena di beberap jurnal yg kubaca , mereka mengirim email ke expresstorussia untuk konfirmasi bookingan hotel.
    kalo emang iya, kemana aku kirim konfimasi nya?

    terimakasih sebelumnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,

      Seingat saya sih dulu saya nggak kirim apa-apa lagi setelah dapet confirmation payment. Cuma tunggu beberapa hari untuk visa support dikirim ke email.

      Untuk memastikan, coba konfirmasi by email aja mbak ke office@expresstorussia.com. Thanks & semoga lancar :)

      Delete
  15. wiw.. terkahir kali komen saya January lalu, ini sudah April, visa support pun blum bikin. fyuhh..
    BTW jadi itu prosedur apply visanya adalah : ada bookingan hotel, bikin visa support dan apply visa.
    nah apakah perlu appointment untuk apply visa tersebut ?

    matur suwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas/mbak.. pengalaman saya utk apply visa di konsulat Rusia ga perlu appointment. Langsung aja datang, nanti dapet nomor antrian. Dan kita dilayani berdasarkan antrian. Jangan lupa siapkan USD 70 cash untuk apply visanya (normal 5-10 hari) atau USD 175 untuk proses visa express (3 hari). Seingat saya untuk apply visa di konsulat Rusia mulai jam 9 pagi sampai jam 1 siang. Visa saya udah keluar untuk April 2016. Sukses ya! :)

      Delete
    2. okelah siap. besok pagi ke sana dah.
      wish me luck yahh bang.

      Delete
  16. Halo mbak.. makasih ya blognya sangat membantu. Visa saya udah keluar! ^^ btw saya mau nanya.. dari St Petersburg ke Peterhof naik apa ya? Budgetnya brp? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikutan komen yah.

      Electric trains run from Baltiskiy Station to Noviy Peterhof, and take around 45 minutes. The station is about 20 minutes' walk from the gates to the Upper Garden across Proletarskiy Park, or there are several buses. Alternatively, marshrutka minibuses run from in front of Baltiskiy Station directly to the park gates in Peterhof. There are also marshrutkas from Avtovo (K-424) and from Leninskiy Prospekt (K-242) Metro Stations. The drive from the city should take a little under one hour.

      Probably the best way to visit Peterhof is to take a hydrofoil across the Gulf of Finland to the jetty at the end of the Marine Canal. Two companies run regular hydrofoil services through the summer months from the Hermitage jetty, and Admiralteyskaya Naberezhnaya.

      Delete
    2. Hi Mas Ronny,
      dapat Visa Support nya drmn ya? info2 ya utk urus Visa nya
      saya plan ke Rusia April 2017.

      makasi

      Delete
  17. mbak mau nanya klo mau berangkat ke russia trus ke swiss itu ngurus visanya bagaimana? apa harus pakai 2 visa atau bagaimana,, thanks

    ReplyDelete
  18. hai mbak, saya berencana akan kerusia. sekarang sedang mau mengurus visanya.
    tadi saya lihat diexpress tour rusia untuk warga negara indonesia sudah tidak bisa lagi. mohon bantuannya untuk pengurusan visa suportnya bisa melalui travel agent mana lagi ya? (mohon untuk dikirimkan linknya jika ada)

    ReplyDelete
  19. express to russia sudah ngga lagi melayani sponsor letter untuk pemegang passport indonesia... kira2 web mana lagi yang terpercaya ya buat support letter ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yg lewat sini nih mbak:
      https://www.destinationrussia.com/visa/russian-tourist-visa

      Delete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS