Pages

Peluang Kerja Di Kedutaan Asing

Tuesday, July 07, 2015




Hai!

Ceritanya saya lagi lumayan galau kronis terkait bekerja di profit company alias perusahaan pada umumnya yang berorientasi untuk mencari keuntungan (profit). Bukannya apa, tapi kok rasanya lebih berminat untuk bekerja di NGO (Non-Governmental Organization) atau lembaga pemerintah suatu negara seperti kedutaan besar yang berjejer di kawasan Kuningan situ tuh, atau konsulat, cuma yang pasti bukan PNS. Entahlah, tapi dari jaman masih sekolah, saya emang nggak pernah tertarik untuk berkarir sebagai PNS. Selain karena banyak kedutaan yang kabarnya menerapkan jam kerja lebih fleksibel atau pendek daripada perusahaan biasa, sepertinya pengalaman yang didapat lebih menarik daripada di kantor biasa. Atau itu cuma perasaan saya saja ya? Hehehe.

Nah, saya yakin di sini banyak yang terobsesi untuk bekerja di kedutaan besar asing selain saya, jadi saat ini saya mau coba berbagi link dari situs resmi kedutaan asing untuk perihal lowongan kerja. Siapa tau, ada dari kamu yang ternyata ditakdirkan untuk menjadi bagian dari staff kedutaan *wink*.

Saya sendiri udah mencoba berkali-kali untuk melamar pekerjaan di kedutaan asing tapi sepertinya keberuntungan belum berpihak ke saya. Pernah diundang interview sekali oleh pihak kedutaan tapi karena jawaban saya ngalor ngidul saat interview gara-gara terpesona sama interviewernya nervous, akhirnya saya nggak lolos ke tahapan selanjutnya. Tapi ya diikhlaskan saja, mungkin emang rejekinya bukan di situ *sok bijak, padahal dalam hati meraung*. Di lain waktu, saya diundang ke kedutaan lain untuk interview, sayangnya saya nggak bisa immediately available karena saat itu udah punya rencana traveling. Walaupun usernya sempat bilang ke saya untuk kontak mereka lagi setelah saya selesai traveling, tapi dengan berat hati saya nggak kontak mereka, karena jangka waktu antara sesi interview dan selesai traveling itu sekitar sebulan lebih, saya nggak punya muka untuk ujug-ujug menanyakan apakah saya masih ada peluang untuk bekerja di situ atau nggak (T_T) malu bang..maluuu..

Silahkan disimak dan dipantau link di bawah ini secara berkelanjutan ya, semoga sukses selalu! Kalau sukses bergabung, kabar-kabarin ya, mungkin bisa bantu saya kalau mau ngurus visa #eh

US Embassy
(About Us > Employment Opportunities > Open Vacancies)

UK Embassy
(Job Vacancy > Current Vacancies)

Australian Embassy
(About Us > Job vacancies)

New Zealand Embassy
(About The Embassy > Job Vacancies)

Netherlands Embassy
(Embassy > Job Vacancies)

Indian Embassy
(Home Page > Press Release / Events)

Embassy of the Republic of Poland in Jakarta
(Embassy > Work and Scholarships at the Embassy)

Embassy of Japan
(Home Page > What's New)

Embassy of the Czech Republic in Jakarta
(About Us > Job Vacancy)

Embassy of Romania
(Home > MFA > Careers)

Embassy of Canada in Indonesi
 (Home Page > Our Office > Job Opportunities)
http://www.canadainternational.gc.ca/indonesia-indonesie/offices-bureaux/JobOpportunities-OpportunitesEmploi.aspx?lang=eng

Selain di website, kedutaan asing juga sering mengumumkan lowongan kerja di halaman Facebook resmi mereka masing-masing. Bahkan terkadang dalam bahasa mereka sehingga pengunjung halaman nggak ngeh, hehehe. Jadi jangan lupa follow atau like halaman mereka untuk bisa terus dapat berita terbaru mereka, dan kalau ada postingan yang kiranya "mencurigakan", lebih baik segera coba copy dan terjemahkan di Google Translate, walaupun biasanya yang dicari pastinya yang menguasai bahasa tersebut :)

***

Bagi kamu-kamu yang lebih tertarik untuk bekerja di KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) di luar negeri sebagai local staff, bisa juga mencoba peruntungan dengan mengirim berkas lamaran ke Kementerian Luar Negeri RI (Kemenlu).

Kasih alamat lengkap sama daftar berkas yang harus dilengkapin dong!
Menurut agan elyaskimura di salah satu thread Kaskus sih seperti di bawah ini :

Syarat lamaran lokal staff via pos atau diantar langsung ke Deplu:

  1. Lamaran. 
  2. CV.
  3. 1 lembar fotocopy Ijazah terakhir, kalo ada yang di legalisir. 
  4. Fotocopy transkrip nilai. 
  5. Pas foto: 4X6, 3 lembar. 
  6. Fotocopy KTP. 
  7. Fotocopy sertifikat bahasa, TOEFL dll. 
  8. Fotocopy SIM A, kalo ada.


Kirim ke:
Kepada Yth:
Biro Kepegawaian Kementrian Luar Negeri RI
UP: Bapak Daniel
Gedung Utama lantai 6, Jalan Taman Pejambon no. 6, Jakarta Pusat
Note : Kalau sekiranya informasi ini salah, tolong kasih tahu saya ya, terima kasih sebelumnya :)

Selanjutnya, hoki dan kekuatan doa yang berbicara, dalam hal kelulusan atau penempatannya hehehe. Kalau mau tahu gambaran pahit manisnya bekerja sebagai local staff, mungkin bisa main-main ke sini :
Local Staff KBRI Perwakilan Masuk Sini!! Kita Sharing suka dukanya

Walaupun setelah membaca thread itu, saya nggak menjamin kamu masih antusias untuk menjadi local staff di negeri orang hihihi. Tapi apa salahnya dicoba kan? Rejeki itu bukan ditunggu lho, tapi dijemput! :D

Yang punya pengalaman kerja di kedutaan asing, NGO atau sebagai local staff di KBRI manapun, dengan senang hati, silahkan sharing lhoo di kolom komentar di bawah ini (^^,)

64 comments:

  1. dari sekian link, hanya Poland yang ada lowongannya.
    lain dari itu 'There are currently no vacancies at the xxx Embassy at Jakarta ..'

    oia, terima kasih infonya yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, thanks ya udah mampir :)
      Kalau setau saya, yg Poland itu cuma intership aja jadi emang nggak pernah ditake out dari website informasinya. Tapi di kedubesnya UK & Australia biasanya ada (UK lumayan cepet periode pembukaannya, tapi saya lumayan sering liat info lowongan kerja di situ), kalo Australia & US, itu bisa dibilang selalu ada lowongan tapi emang nembusnya nggak mudah. Coba deh baca lebih teliti lagi :D

      Delete
    2. Hii mba, untukalamat kedubes Korea ga ada ya ?

      Delete
  2. mba, mau tanya dong. mba pernah interview di kedutaan apa aja ya? terus waktu interview, interviewer nya orang Indo atau native? terus bahasa Indonesia atau English? oh iya sama waktu buat lamaran pakai bahasa Indonesia atau inggris ya? maaf mba, pertanyaan banyak ya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Ika,
      So far baru Aussie & India mbak, tapi kalau untuk detail isi interviewnya maaf nggak berani menjabarkan karena terkait confidentiality :)
      Interviewernya, berhubung embassy, selalu native dan selalu pakai bahasa Inggris mbak. Lamaran pun harus bahasa Inggris. Intinya semua harus menggunakan bahasa Inggris yang baik, karena mereka biasanya selalu cari yg udah level fluent. Thanks yaa udah mampir, semoga jawabannya membantu :)

      Delete
  3. Mau nanya nih kak, tahapan tes kalau kerja di embassy gmna ya ?
    untuk status pegawainya apa kontrak ?
    Mekanisme wawancara gmna kak ?
    makasih ya udh share pengalamannya.

    ReplyDelete
  4. Pengen banget kerja di kedubes luar negri yang ada di daerah jakarta, tapi susahnya minta ampun!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang seleksinya ketat & standarnya tinggi untuk bisa dihire Kedubes, tapi tetap dicoba aja, biar nggak penasaran :D thanks udah mampir

      Delete
  5. Halo mba, salam kenal sebelumnya :) aku juga ada ketertarikan besar untuk bekerja di embassy aku sempet daftar di 2 kedutaan tapi sayang belum berjodoh :') makanya aku awesome bgt ketika mba berhasil dipanggil utk interview. kira2 dari pengalaman selama ini kriteria utama apa yah mba yang dicari oleh embassy? dan satu lagi apa boleh tau mbanya dulu lulusan dari jurusan apa? terimakasih mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih udah mampir mbak Lusi :)
      Untuk kriteria sendiri sebenernya udah jelas sesuai yang tercantum di deskripsi posisinya mbak, biasanya embassy lumayan saklek, apalagi untuk negara-negara besar, selain itu faktor komunikasi dalam bahasa asing terutama Inggris untuk lingkup profesional juga jadi pertimbangan utama menurut saya. Saya sendiri lulusan ilmu budaya mbak :)

      Delete
  6. Halo, salam kenal.. aq Mila. Kmrn aq br aja dapat interview invitation dr salah satu kantor kedubes. Jadi ingin tanya nih, based on pengalaman mb, apakah pertanyaan wawancara kedubes yg pernah mb ikuti itu standar seperti wawancara di perusahaan atau berbeda? Lalu proses rekrutmen ada berapa tahapan ya? Thx in advance for your attention

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Mila, salam kenal juga :)
      IMHO, tergantung embassynya mbak, ada yang pertanyaannya cenderung kaku dan saklek tanpa ngobrol bertele-tele tapi ada juga yang santai dengan pertanyaan-pertanyaan terbuka semau interviewernya hehe. Untuk tahapan dalam proses rekrutmen juga tergantung ke aturan embassy masing-masing mbak. Semoga lancar dan sukses ya mbak ^^
      Terima kasih udah mampir :)

      Delete
  7. kak mau tanya dong, ini kan kedubes asing yang ada di Indonesia ya?
    gimana caranya kalau kita mau kerja di KBRI yang ada diluar negri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo :)

      Udah ditulis kok di post ini untuk cara apply posisi local staff di KBRI, yang pasti harus lewat seleksi Kemlu alias Deplu. Sukses yaa, thanks udah mampir :)

      Delete
  8. Hola Senorita,
    Mau tanya, status pegawai di kedutaan itu regular/permanen atau temporary yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! Tergantung masing-masing kedubes, ada yg permanen ada juga yg cuma kontrak, biasanya akan dicantumkan di lowongan yg mereka publish :)

      Terima kasih udh mampir :)

      Delete
  9. ada yang tau fanspage facebooknya duta besar amerika and UK ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, untuk US bisa cek di https://id-id.facebook.com/jakarta.usembassy sedangkan untuk UK di https://id-id.facebook.com/BritishEmbassyJakarta

      Thanks udah mampir :)

      Delete
  10. Halo, mbak. Thanks a lot for your inspiring article. Saya baru aja ngelamar di kedubes Australia. Syukur puji Tuhan kalo seandainya saya dihubungi untuk wawancara, kira2 apa yang perlu saya persiapkan? Trus biasanya apa aja yang mereka tanyakan? Sebelumnya matur suwun atas tanggapannya, mbak.

    ReplyDelete
  11. Halo, mbak. Thanks a lot for your inspiring article. Saya baru aja ngelamar di kedubes Australia. Syukur puji Tuhan kalo seandainya saya dihubungi untuk wawancara, kira2 apa yang perlu saya persiapkan? Trus biasanya apa aja yang mereka tanyakan? Sebelumnya matur suwun atas tanggapannya, mbak.

    ReplyDelete
  12. Mba mao nanya sebenernya ngelamar jd local staf itu utk TOEFL wajib ga sih? Dan kl wajib brp minimal nilainya.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! So sorry for my late reply,

      Setau saya TOEFL itu wajib karena untuk menjadi local staff KBRI dibutuhkan kemampuan bahasa Inggris yg baik dan itu dibuktikan dengan hasil TOEFL. Nilai minimalnya sendiri saya kurang tau, tapi biasanya standar untuk bidang profesi sekitar 500-550. CMIIW :D

      Delete
  13. Mba ada info untuk low kerja di kedubes timur tengah ga? Makasih ya mba dan salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! Maaf, saya nggak punya info untuk itu.
      Thanks :)

      Delete
  14. Kak.. aku pengen nanya.. kalau dftr jdi local staff, boleh ngga ya pake surat keterangan lulus pendadaran? Soalnya saya baru wisuda bulan juli tanggal 30. Tp sy sdh lulus pendadaran tgl 26 februari kmaren. Dan satu lg kak, stlh lolos sleksi administrasi (utk mjd jd local staff), apa ad seleksi slnjutnya ka? Interview atau psikotes gt ka? Mksh kak ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,

      Kalau untuk detail seperti itu silahkan langsung hubungi ke pihak Kemlu ya :) Terima kasih udah mampir..

      Delete
  15. mba mau nanya dong, kalo kerja di kedubes gt harus jd pns dulu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,

      Setau saya rekruitmen untuk LS berbeda dengan PNS, untuk lebih lengkapnya silahkan hubungi ke pihak Kemlu ya :)
      Terima kasih udah mampir :)

      Delete
  16. Hai Mba :))

    Beruntung banget ketemu blog Mba :))

    Keep inspiring and thank you :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi juga!

      Terima kasih juga udah mampir yaa :)

      Delete
    2. O iya Mba, saya mau tanya. Terkait moratorium CPNS.
      Mba tau ngga? Terutama moratorium untuk CPNS Kemenlu.

      Delete
  17. Salam kenal Mbak.... Kebetulan saya dapat panggilan wawancara untuk kedubes aussie.... ada insight untuk area pertanyaan yang diberikan mbak... thanks in advance..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Pak Hari, sepertinya udah telat kalau saya jawab ya hehe maaf karena jarang buka blog. Lingkup pertanyaannya sendiri pastinya sesuai dengan posisi masing-masing. However, saat mau apply posisi di Australian Embassy setau saya ada Selection Criteria Form yg harus diisi, biasanya pertanyaan yg nanti diberikan nggak jauh-jauh dari itu, istilahnya mempertegas jawaban yg udah diisikan di situ secara lisan :) CMIIW.

      Semoga sukses ya Pak! Terima kasih udah mampir :)

      Delete
  18. Halo mbak, untuk kepala biro kepegawaiannya masih bapak daniel atau sudah ganti ya? Kebetulan saya mau ngirim berkas kesana, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi!

      Waduh saya kurang tau ya, coba langsung dikontak ke Kemlu atau bisa ditanyakan di trit Kaskus seperti yang saya taruh di post ini. Terima kasih :)

      Delete
  19. halo mba mau nanya
    biasanya untuk pemanggilan lowongan di kedubes aussie setelah mengirimkan berkas berapa lama ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,

      Menurut pengalaman saya sih biasanya kalau memang shortlisted, rata-rata kedubes sekitar 2-4 minggu, lewat dari itu bisa diartikan nggak memenuhi kualifikasi walaupun dari pihak kedubes nggak mengirimkan e-mail notifikasi apa-apa. Terima kasih udah mampir, semoga sukses ya :)

      Delete
  20. mba saya mau nanya
    mba major nya apa di universitas? universitas mana mba?

    ReplyDelete
  21. Hola, nice article mbak. Kebetulan saya bekerja di salah satu Kedutaan di Jakarta sebagai Commercial Advisor. Mau sekedar sharing pengalaman saya, pekerjaan sehari-hari saya membantu Kedutaan yang berhubungan dengan perdagangan antar dua negara tersebut termasuk melakukan research commodity yang paling banyak di export ke Indonesia. Selama bekerja di Kedutaan saya merasakan kenyamanan yang luar biasa tetapi memang tergantung Embassy-nya. Saya di Kedutaan ini sudah menjadi permanent staff dan untuk masalah kepegawaian mereka sangat taat dengan aturan Kemenakertrans.
    Dulu saya sewaktu melamar juga tidak menyangka akan diterima, karena saya tidak ada pengalaman kerja di Embassy dan bukan lulusan LN (mostly saingan saya dulu lulusan LN) namun karena pas interview saya menjawabnya dengan PD dan saya sebelumnya melakukan research terlebih dahulu ttg hubungan dua negara tersebut jadi thank God saya dapat diterima. Banyak plusnya bekerja di diKedutaan sbg local staff antara lain:
    kita dapat memahami budaya negara lain, networking, jam kerja yang relatif pendek, banyak hari liburnya (kalau negara tersebut dikalendernya ada public holiday kita juga akan libur) dan penghasilan yang alhamdulillah di atas rata2 gaji karyawan dengan posisi/pengalaman kerja yg sama.
    Namun tentu saja ada minus nya juga; tidak ada jenjang karier, hampir tidak ada kenaikan gaji mungkin setelah 2-3 tahun baru bisa naik.
    Thank you!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak Novi!

      Ah saya jadi makin pengen hahaha. Based on what I know, saya juga setuju sama plus minusnya. Cuma sayang sampai sekarang belum jodoh sama embassy :D

      Thank you udah mampir dan sharing di sini ya mbak, sukses selalu :)

      Delete
  22. selamat malam
    mbak saya mau tanya untuk terkait CV dan surat lamaran kerja untuk daftar di kedutaan itu apa saja yah ? mohon kiranya dibantu contohnya apa saja dan bisa dikirim ke ayaholic65@gmail.com
    terimaksih banyak mba. mohon bantuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ayaholic,

      Untuk format CV dan surat lamaran kerja saya kira udah banyak tersebar di internet, bisa dicontoh dari situ tapi saran saya sih jangan dijiplak ya :)
      Karena pihak recruiter sendiri biasanya bisa mendeteksi mana yg menjiplak dengan mana yg menggunakan rangkaian kata-kata sendiri.

      Thank you udah mampir..Good luck!

      Delete
  23. Halo mbak
    Oiy mbak mau melanjutkan pertanyaan. Biasanya yang ditanyakan ketika interview dan written test dari kedutaan apa saja ya?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Ravelli!

      Menurut pengalaman saya, umumnya standar seperti skill yg dikuasai, pengalaman kerja selama ini, contoh sikap saat berhadapan dengan situasi-situasi tertentu dalam lingkup pekerjaan terkait dan sejenisnya. Selain itu kadang juga ada pertanyaan-pertanyaan seputar pengetahuan kandidat mengenai posisi yang dilamar.

      Thank you udah mampir dan sukses ya :)

      Delete
    2. terkait pengumuman hasil interview, biasanya diinformasikan atau tidak bagi kandidat yang lolos dan tidak? biasanya berapa lama? terima kasih

      Delete
  24. Hi mbk...
    Saya sgt tertarik untuk bisa bekerja di salah satu embassy yg ada di kuningan situ :D tp setiap apply jrg dapet invitation. Apakah jurusan S1 pertanian bisa bekerja di embassy? Apakah formulir yg diberikan hrs kita isi semua?

    Regards

    ReplyDelete
  25. Hai kak,
    Salam kenal, Aku Yacub.
    Kak, kalau lulusan sastra Indonesia, untuk melamar kerja KBRI di luar negeri bisa ga ya?

    terimakasih

    ReplyDelete
  26. oh ya kak, satu lagi, kalau caranya daftar HOME STAFF gimana ya? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mau bantu jawab.Setau saya kalau Home Staff di kedutaan itu harus ikut seleksi CPNS, ambil bagian jabatan fungsional diplomat yg kerjanya 3 tahun di kemlu pusat dan 3 tahun di KBRI.Beda kalau Local Staff tidak perlu ikut CPNS, bisa lamar di kedutaan asing dalam negeri maupun KBRI luar negeri tapi kalau KBRI seleksinya melalui Kemlu.

      Delete
  27. Saya sangat terobsesi dan memang cita cita saya untuk bekerja di kedubes asing
    Tapi yang saya ingin tahu negara mana saja yang sering buka peluang kerja n yang mana cuma rekrut buat internship ..

    ReplyDelete
  28. Saya sangat terobsesi dan memang cita cita saya untuk bekerja di kedubes asing
    Tapi yang saya ingin tahu negara mana saja yang sering buka peluang kerja n yang mana cuma rekrut buat internship ..

    ReplyDelete
  29. Mba saya mahasiswa akuntansi. Cita2 saya, saya ingin bekerja sebagai staf di kedutaan ri di luar negeri. Tujuan saya adalah sebagai staff keuangan disana. Apa staff keuangan disana menyaring pelamar nya berdasarkan konsentrasi mata kuliah? Contohnya dalam akuntansi ada konsentrasi audit, manajemen, syariah, dan sistem. Terima kasih

    ReplyDelete
  30. aku baru apply buat Australian Embassy. dan degdegan hehhe

    ReplyDelete
  31. Mau share dikit hhee
    Saya pernah bekerja di kedutaan rep. Korea selatan selama 6 tahun, dan mmmmm ya gitu deh ada enak dan gak enaknya.
    Kebetulan saya incharge di consular sectionnya, satu divisi yang tiap hari hectic abis :(
    Saya memutuskan resign karena saya mau mencoba peruntungan di bisnis gitu

    Intinya kalo mau kerja di Kedutaan negara tetangga itu harus multitasking dan mental juga harus dijaga biar selalu up terus

    Oiya mampir ke blog saya ya, kebetulan saya yang urus penerimaan beasiswa korea selatan KGSP

    Salam ;)

    ReplyDelete
  32. Hallo kak, terima kasih informasinya. Kalau aku mau tanya-tanya ke kakak secara pribadi, aku bisa hubungi kemana yaa? terima kasih banyak kak

    ReplyDelete
  33. Halo kak salam kenal aku mahasiswa bahasa korea ugm angkatan 2015. dari dulu punya cita-cita bekerja id kemenlu/kedubes. mungkin ga sih kaka ada persyaratan khusus kalo jurusannya dibatasi dan bisakah mendaftar di kedutaan negara lain misalkan aku kan jurusan bahasa korea tp daftar di finlandia. hehe. thanks for sharing your experience mba :) do you mine if u can give me your email because i want to ask for more question.

    ReplyDelete
  34. Mbak mau tanya untuk info jafi local staff di kedubes sri lanka, kalau ada bagi linknya.

    ReplyDelete
  35. Makasih banyak infonya sangat bermanfaat!:)

    ReplyDelete
  36. Halo Mba, apakah Mba masih kerja di Kedutaan Besar? saat ini saya sedang menyusun skripsi yang berkaitan tentang local staf yang bekerja di Kedutaan Besar. Bagaimana saya bisa menghubungi Mba lbj jauh?

    ReplyDelete
  37. hai....
    tau info/link untuk middle east embassy??? pingin nyoba nih
    dulu saya honorer di KBRI cairo, tambahan hanya mengandalkan ketika acara keluar kota. lumayan uang jalannya... heeee

    ReplyDelete
  38. Mba,mau tnya klu untuk kerja dikedubes malaysia gmn caranya mb.kira2 krimnya ke alamat mana.mohon dbls y mba

    ReplyDelete
  39. Kak mau tanya dung
    Kalau yang kedubes korsel ngga ada kah ? Thank You kak

    ReplyDelete
  40. Hai mbak, terima kasih telah berbagi pengalamannya ya.. Saya mau bertanya, saat ini saya merupakan PNS di sebuah Kementerian. Apakah KBRI menerima PNS biasa non diplomat? atau hanya diplomat yang dapat bekerja di KBRI? terima kasih

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS