Pages

Kursus Keterampilan Mengemudi di RDC Depok

Thursday, October 22, 2015


Warning : Saya bukan pegawai, instruktur, apalagi bos dari RDC. Tulisan ini bukan merupakan iklan melainkan hanya berbagi pengalaman semata dan ditulis dengan seobjektif mungkin tanpa ada kepentingan tertentu #tsahelahh

***

Ceritanya saya disuruh ikutan kursus nyetir sama juragan tuan alias bapak saya. Karena beliau sendiri udah semakin tua alhasil semakin cepat capek saat menyetir, jadi saya lah yang jadi tumbal ditugaskan untuk jadi sopir keluarga. Yaa..siapa tau nanti bisa nyambi jadi sopir Uber buat nambah uang jajan cilok.

Setelah kasak-kusuk cari informasi tempat kursus yang reliable di Depok, akhirnya saya memilih tempat pelatihan yang bernama RDC. Iya, emang keliatan beda sih, yaitu nggak pakai akhiran "Jaya" seperti kursus lain :p

RDC ini berkantor di ruko DMall atau Mall Depok di tepi jalan raya Margonda. Detail lebih lanjut juga bisa dibaca di sini atau sini. Mereka memiliki beberapa program yang udah disusun sedemikian rupa supaya bisa pas dengan kebutuhan para calon siswa.
Program yang tersedia di RDC (harga per Agustus 2015)
Setelah melihat programnya, akhirnya saya memilih mengambil Beginner Training Program untuk mobil manual. Karena bapak saya bilang, kalau udah mahir bawa mobil manual, bawa mobil matic cuma butuh adaptasi aja. Yah..awas aja kalau tau-tau beli mobil matic terus saya nggak paham bawanya. Awas aja pokoknya *anaknya nganceman* XD

Waktu saya mendaftar, saya dapat diskon kalau nggak salah 20% atau 25% karena dibayar lunas hari itu juga. Lalu kata mbak bagian adminnya, saya akan segera diinformasikan lewat SMS/WhatsApp kalau udah ada jadwal kelas teori yang akan berlangsung setiap hari Sabtu setiap minggunya.

***

Hari #1
Hari ini cuma kelas teori, tapi lama. 4 jam! EMPAT JAM pemirsaa..Duh ngebayanginnya aja udah bosen duluan, males rasanya. Tapi berhubung udah bayar lumayan mahal, rugi dong kalau nggak hadir di kelas. Akhirnya dengan semangat yang agak melempem, saya berangkat ke kantor RDC pusat Depok. Jam 1 siang mulai, jam 12.57 siang saya baru berangkat, itu pun order Gojek dulu. Warbiyasak. Iya luar biasa pemalasnya maksud saya. Saya sampai di sana hampir setengah 2 siang, langsung diarahkan ke ruangan kelas yang ada di lantai 3 ruko kantor RDC. Ternyata udah ramai, saya pun duduk di kursi depan. Lumayan, kena AC langsung di punggung. Adeemm~

Di situ udah ada Ibu Rosli, instruktur sekaligus pemilik RDC. Gayanya santai, ramah dan familiar. Cara mengajarnya pun sangat interaktif, tapi karena saya bener-bener nol dalam hal setir menyetir, akhirnya saya cuma menyimak aja tanya jawab antara Bu Rosli dan para peserta di kelas. Ya gimana dooong, ditanya yang mana aki yang mana karburator aja saya nggak tauuu! :'(

Tapi seiring dengan materi yang diberikan, akhirnya ya lumayan lah sedikit-sedikit mulai tau. Walaupun paling kalau nanti di lapangan disuruh nyebutin part mesin mobil mah saya pasti cuma nyengir pasrah. Duh, bengkel banyak kok Pak, Bu! *plakk!* #muridnyebelin
Instruktur di kelas teori, Pak Marcell dan Bu Rosli
Semua peserta mendapat satu modul yang berisi semua materi yang diajarkan, secara urut satu persatu dibahas dengan rinci oleh Bu Rosli. Setelah itu kami diberi istirahat selama 45 menit untuk makan atau shalat dan selanjutnya sesi teori didampingi oleh Training Director RDC yang bernama Pak Marcell. Pak Marcell ini juga ramah, lebih kalem, tapi banyak becanda dan sering memperagakan ini itu jadi nggak ngantuk malah ketawa melulu. Kelas baru berakhir sekitar jam setengah 7 malam (jadwal awalnya jam 1 siang sampai jam 5 sore) karena banyak juga pertanyaan dari para peserta dan juga pertanyaan nggak bermutu dari saya, eheheh.

Well, so far saya puas dengan kelas teori ini karena ternyata nggak membosankan seperti yang saya kira. Jadi nggak sabar rasanya mau buru-buru praktek dan ikutan kelas Defensive Theory Training yang akan ada di akhir pelatihan nanti. Oh iya di RDC ini setiap sesi praktek ada reportnya yang berisi penilaian latihan peserta. Kalau peserta dianggap belum menguasai materi, maka materi tersebut akan diulang sampai akhirnya peserta mampu. Omaygat, apa kabar sayaaahh..

***

Pertemuan #2 -- Praktek Pertama
Saatnya pegang kemudi! Eits tapi nggak langsung 'turun' ke jalan raya nih. Jadi kalau sesi praktek RDC biasanya adalah di salah satu jalan tak terpakai yang ada di area GDC (Grand Depok City alias Kota Kembang). Materi pertama adalah Stop and Go, bukaan..bukan nama outlet reparasi sepatu ituu. Di sesi latihan Stop and Go ini, siswa belajar untuk mengoperasikan rem, kopling dan perseneling. Oh iya ini buat yang ambil paket mobil manual ya, kurang tau kalau untuk yang matic. Di awal, karena saya ambil Beginner Training Package, jadi instruktur pertama-tama memperkenalkan bagian-bagian mobil beserta fungsinya secara detail seperti mana yang namanya kopling, apa gunanya, gimana cara pakainya dan lain-lain. Iya emang kedengeran remeh sih, tapi buat pemula seperti saya yang belum pernah pegang mobil sama sekali dan selalu cuma jadi penumpang setia..sungguh deh Ceu, yang namanya perseneling aja nggak tau, malah pernah nanya ke ortu : "Pah, itu yang batangan kalau di mobil namanya apa?" alhasil yang ditanya juga bingung hahaha.

Durasi latihan praktek adalah 2 jam x 6 pertemuan. Sekitar setengah jam lebih akan terpakai untuk saat siswa dan instruktur menuju GDC, jadi kalau macet ya bisa lebih lama dan waktu latihan pun akhirnya jadi tersunat. Di pertemuan pertama ini, saya memilih menggunakan Daihatsu Terios, mobil dibawa langsung sama instrukturnya dari DMall sampai GDC. Konon katanya (baca dari blog-blog lain) sih kalau udah bisa menguasai kemudi, siswa bakalan disuruh bawa mobilnya dari DMall ke GDC. Weww..let's see, mudah-mudahan saya bisa sampai ke tahap itu dengan lantjar djaja~
Partner belajar tercyintah~
Karena saya merupakan siswa yang amatir sangat, plus belum pernah sama sekali nyetir, alhasil di praktek pertama ini sering mati mesin, pengereman lumayan kasar dan sebundel kedodolan lainnya yang berulang sampai bikin instruktur saya hari itu, Mas Fajri, ngantuk hahaha. Tapi namanya juga belajar kaaann hehehe. Dan pas waktunya dibilang "Dah yuk tukeran (posisinya)", dengan nggak terima saya nanya "Hah? Kenapa??", ternyata jawabannya "Udah kelar kali mbak" oooh ahahaha baru deh liat jam sambil nyengir culun.

Penilaian hari itu adalah saya harus masih memperlancar pengoperasian kopling dan rem supaya nggak sering mati mesin. Siap! I'll try better next time. Emang belum dapet sih feelingnya, kaki juga masih kagok.

Note :
1. Bagi para cewek, saran saya nggak usah pakai sendal atau sepatu yang ada heels / wedgesnya, pakai flat shoes atau sendal jepit aja sekalian biar lebih enak. Jangan mengulang keculunan saya yang latihan nyetir pakai sendal wedges karena akhirnya jadi NYEKER biar sendalnya nggak nyangkut pas ngangkat kaki dari kopling hahaha. Ingat, di atas kopling itu ada besi sambungan untuk rem & kopling di sisi instruktur.

2. Jangan lupa juga kasih tips untuk instruktur yaa setiap habis latihan, karena biaya yang dibayarkan untuk paket kursus itu belum termasuk tips instruktur yaa. Besarannya sendiri terserah siswanya, segimana pantesnya lah kalau untuk jaman sekarang. Diamplopin? Nggak usahh..emangnya situ mau kondangan? :p


***

Pertemuan #3 -- Praktek Kedua
Seharusnya sih di pertemuan ini saya udah dapet materi baru, tapi karena di penilaian kemarin saya masih kurang, alhasil hari ini saya kembali mengulang latihan Stop and Go. Jujur saya mulai deg-degan kalau sampai nggak lancar juga, secara hari kemarin sempat batal latihan sehari karena instrukturnya nggak bisa hadir.

Di pertemuan ini, instrukturnya udah wanti-wanti "Hari ini harus lancar ya di stop and go supaya bisa maju ke materi berikutnya". Siap! *lalu nangis dalem ati*. Alhamdulillah yah, setelah bolak balik maju mundur, akhirnya saya ada kemajuan sedikit di stop and go ini, walaupun masih ada aja sesi mati mesin gara-gara saya lupa lepas rem atau ngangkat kopling kecepetan. Tapi udah nggak sesering di pertemuan pertama, apalagi saya udah sampai bela-belain beli sandal teplek biar nggak mengganjal di kopling #curcol. Well harapannya sih di pertemuan selanjutnya, saya udah bisa masuk materi baru, kan nggak sabar mau nganterin mamah ke pasar~ *dangkal sekali cita-citamu ki sanak..*

Oh iya, mobilnya juga ganti jadi Xenia karena Teriosnya lagi agak bermasalah. Nah di akhir latihan, sebelum tuker posisi, saya belajar mengenali mesin mobil dulu, seperti radiator, oli mesin, air wiper, kelistrikan dll. Juga dikasih beberapa info supaya kalau di bengkel nggak dikerjain sama mekanik hehehe. Berguna banget tuh supaya kantong nggak jebol gara-gara ngejajanin mobil melulu.

Hmm..so far saya sih enjoy semua sesi di RDC ini, dari mulai kelas teori sampai praktek. Instrukturnya walaupun masih muda tapi sangat informatif dan juga enak buat ngerumpi tanya-tanya. Mudah-mudahan sih nanti bisa 'nyobain' instruktur lainnya, biasanya kan beda orang, beda cara ngajarnya hehehe. Efek penasaran aja sih~


***

Pertemuan #4 -- Praktek Ketiga
Siang-siang. Jam 1. Cuaca panaass. Harus latihan. Uhh..rasanya mager (males gerak •red) banget ini. Pengennya cuma leyeh-leyeh sambil browsing di kamar dengan AC yang diatur dingin maksimal. Mental pemalas. Tapi jadwal tetaplah jadwal, daripada ribet reschedule, dipaksain lah berangkat.

Anyway, harapan saya di pertemuan sebelumnya jadi kenyataan. Kali ini instrukturnya berbeda. Instruktur hari ini bapak-bapak, keliatannya sih hampir seumuran mama saya hahaha, awalnya suasana berasa agak kaku karena baru kenal tapi seiring latihan, ternyata orangnya ramah dan suka bercanda juga jadi suasana pun cair. Agak bingung juga pas saya ditanya latihan hari ini apa? Yah Pak, meneketehe hahaha. Secara saya nggak pegang list materinya, tapi setelah saya jelaskan, semua clear. Yep. Kita masih di Stop and Go *nguik!*, katanya sih mau lihat udah selancar apa. Oke, jadi merasa tertantang membuktikan nih hihi.

Mobilnya kembali ke Terios, dan seperti biasa, dikendarai oleh instruktur sampai ke arena latihan di GDC. Kelebihannya, instruktur kali ini menjelaskan apa yang dia lakukan saat menyetir jadi saya bisa ambil pelajaran juga, misalnya pas mau putar balik, atau pas agak macet dan pas turunan agak tajam di GDC sedangkan kalau sama instruktur sebelumnya, lebih fokus nyetir dulu ke GDC baru di sana dijelasin. Kekurangannya, karena nyetirnya sambil ngejelasin, jadinya suka dilambatin yang akhirnya bikin antrian lumayan panjang di jalan raya. Saya juga yang jadi agak deg-degan hahaha. Maklum, kebiasaan nebeng temen yang seneng ngebut jadi kayanya kalau naik mobil lambat rasanya gimanaa gitu hehehe.

Di arena latihan GDC, saya dan instruktur tukeran posisi lalu mulai mengulang materi Stop and Go tapi instrukturnya juga bilang sebenarnya ini udah termasuk materi selanjutnya yaitu Olah Kemudi juga dimana siswa harus bisa menguasai cara mengendalikan setir untuk meluruskan mobil, berbelok, dan sejenisnya. Intinya di Olah Kemudi itu siswa belajar untuk nggak kagok saat memegang setir supaya nggak zig zag di jalan raya atau mencong sana sini waktu menyetir. Di akhir pertemuan, menurut instrukturnya, saya udah cukup bagus pengendalian setirnya, udah lumayan luwes pas ngelurusin mobil dari kondisi serong. HORE! *akhirnya hihi*

Suasana jalan pas latihan ini juga ada tambahan 'halang rintang'nya, karena ada beberapa mobil parkir di sebelah kiri dan di ujung belakang, sekaligus ada juga tukang tahu gejrot yang mangkal di sisi kanan sepaket dengan motor-motor pembelinya yang ikut parkir padahal biasanya jalanan itu kosong. Jadi di situ saya benar-benar fokus untuk ngolah kemudi supaya nggak nyerempet sana sini. Menurut bapak saya waktu saya ceritain di rumah, suasana ramai kaya gitu yang bagus untuk latihan. Uuuh..beliau nggak sadar sih gimana ketar-ketirnya saya, kuatir kalau sampai ngerobohin dagangan tukang tahu gejrot..

Yang agak lumayan bikin kagok kali ini adalah karena instruktur suka nggak sengaja nginjak kopling atau membantu injak kopling tanpa kasih peringatan ke saya, jadi beberapa kali saya udah lepas kopling pelan-pelan sepenuhnya tapi mobil nggak bergerak, pas iseng saya lirik ke kopling sebelah, yeeeee ternyata masih diiinjak *gubrak* hahaha. Sampai ada saat-saat saya minta untuk nggak bantu saya sama sekali, cukup kasih instruksi kalau misalnya saya tanya. Well, mungkin karena kalau dari ceritanya sih instruktur ini masih tergolong baru, jadi mungkin harus adaptasi juga :)
Pedal kopling dan rem di bangku instruktur
Di akhir latihan, seperti biasa instruktur mengisi borang penilaian, dan yang saya baca adalah udah ada peningkatan dalam penguasaan kopling, rem, gas sekaligus olah kemudi. Alhamdulillah.. :D


***

Pertemuan #5 -- Praktek Keempat dan Kelima
Kenapa saya sebut praktek keempat dan kelima? Karena kali ini latihannya selama 4 jam untuk menggantikan sesi latihan yang batal waktu itu pas instrukturnya nggak bisa masuk kerja. Saya minta tolong ke mbak Anna yang menghandle urusan admin dan schedule untuk di-book jadwal pengganti langsung sekaligus 4 jam supaya bisa ngelancarin dan bisa lebih "dapet feeling"nya.

Pas mulai keluar dari area DMall, instrukturnya bilang latihannya agak jauh. Warbiyasaak..di Bandung kah? Atau Sumedang? Atau Pangandaran? Horeee jalan-jalan doong? Bukan, ngarep! Pondok Rajeg! Pondok Rajeg sendiri di Depok dipakai untuk menyebut Lapas alias Lembaga Pemasyarakatan. Kalau yang belum tau, arahnya itu masuk lewat GDC terus nanti teruuuuus aja, pokoknya sampai keluar GDC deh (alibi, padahal mah lupa rutenya, liat di Google Maps aja ya pemirsaa hehe).

Saat masuk pelataran parkir Lapas Pondok Rajeg, saya baru paham kenapa tempat ini jadi arena latihan nyetir, selain suasananya sepi, parkirannya udah dikotak-kotakin (duh apa ya istilahnya hehe) jadi pas banget untuk latihan belok kanan kiri, putar balik, belokan L atau sekedar stop and go.
Pokoknya begini lah kira-kira.
Maaf ya nggak jelas, ngambil fotonya nyolong-nyolong hahaha
Sempat juga latihan sebentar untuk bikin zig-zag dan angka 8, jadi si instruktur ngeluarin beberapa traffic cone dan disusun berderet secara vertikal dengan ruang berukuran satu mobil, kabarnya itu salah satu materi ujian pembuatan SIM. Setelah diajarin, saya pun mencoba sambil tetap dikasih instruksi. Selesai beberapa kali main zig-zag dan angka 8, sekaligus muter-muter di pelataran parkir itu, dengan posisi saya masih di kemudi tiba-tiba instruktur minta saya untuk lanjut jalan keluar. Waduh? Saya sampai nanya ulang, yakin boleh bawa keluar? Soalnya nanti kalau mobilnya penyok, saya juga yang kena kaan hahaha. Tapi ternyata si masnya serius, fyuuh baiklah..berangkaat~

Persis keluar dari pelataran parkir itu ada tanjakan yang yah..lumayan curam lah, nah di situ diolah untuk main kopling dan remnya. Jadi baru nanjak sedikit, langsung disuruh berhenti, begitu terus sampai saya stress sendiri beberapa kali. Setelah itu, baru deh nanjak sepenuhnya dan keluar ke jalan raya. YEEY!!!

Rute yang dilewati di hari itu adalah Pondok Rajeg – GDC (sempet muter-muter dulu sekitar 3 kali) – KSU (untuk nyicipin tanjakan dan kelok-keloknya yang agak aduhai itu) – Jl. Tole Iskandar (nyicipin nyetir pas macet, mendadak pengen pindah ke desa aja yang nggak macet) – Pasar Agung Depok (belajar kontrol kemudi pas banyak motor dan penyebrang jalan yang seliweran di depan pasar, huhuhu pegel) – Jl. Sentosa Raya (segala ada macet di tanjakan! Onde mande..) – Jl. K.H. M. Yusuf (sebelum masuk jalan baru Juanda, itu lhoo yang ada kantor GoJek cabang Depok, ini enak banget lancaar nggak macet tapi belok-belok). Waahh panjang yaaa, berasa juga sih capeknya apalagi bawa manual begini, pegel euy ngontrol si kopling. Sepanjang jalan juga instruktur tetap teliti membetulkan kemudi saya yang celeng kadang kurang lurus atau terlalu belok, waktu di tanjakan menuju jalan Sentosa Raya juga kebetulan macet dan semrawut, tiba-tiba mati mesin, untung instrukturnya sigap untuk langsung bantu injak kopling+rem hehehe.

Waktu balik lewat GDC, sempat latihan di area awal yang dulu buat Stop and Go sekaligus belok-belok. Istirahat beberapa menit, sementara instrukturnya minum es kelapa di situ, saya mah udah bahagia sekedar bisa ngelurusin kaki hahaha. Nggak haus, cuma pegaaaal, encok dan lapar. Setelah itu keliling GDC untuk latihan putar balik, dan cara melewati polisi tidur. Awalnya saya kira cukup di rem aja eh ternyata ada tekniknya sendiri.

Di tengah latihan juga saya sempat ngelempar pertanyaan iseng ke instrukturnya "Gimana caranya biar nggak nyetir ala emak-emak atau mbak-mbak jalanan itu ya?", jawabannya cuma "Sering-sering cek spion aja", hooo ya ya ya, tanpa sadar juga saya sering begitu waktu latihan, mungkin kekurangan kaum hawa di jalan itu terlalu fokus sama setir dan jalanan di depan sampai lupa cek spion dan banyak juga yang suka lupa kasih lampu sein atau ngawur ngasih lampu sein alias kasih sein kiri beloknya ke kanan hahaha, ih sundul juga deh nih mbak/bu bempernya..

Sampai di ujung jalan K.H. M. Yusuf, saya dan instruktur tukeran posisi lagi karena sekarang saatnya kembali ke kantor RDC (nggaaakk, pleaseee saya nggak mau tukeraan! *peluk setir*). Emang sih latihan selama 4 jam itu capek, pegel, tapi ini baru berasa latihan, apalagi udah turun ke jalan raya. Sayangnya di RDC cuma boleh maksimal 2 jam, kalau bisa 6 mungkin saya ambil juga biar makin lancar hehehe.


***

Pertemuan #6 -- Praktek Keenam (Terakhir) 
Di sesi latihan terakhir ini, materinya adalah "Parkir". Kedengerannya sih simple, tapi sering liat kan orang parkir mobil mencang-mencong nggak jelas atau bahkan terlalu mepet sama kendaraan sebelah yang akhirnya dapet kenang-kenangan baret penyok dimana-mana? Nah saya nggak mau jadi yang kaya begitu *kibas poni*.

Gara-gara kesiangan bangun, pagi ini saya telat sampai RDC, mas instrukturnya udah nangkring dengan garingnya di depan kantor. Perjalanan ke Pondok Rajeg sendiri memakan waktu hampir 1 jam karena macet. Sampai di pelataran Pondok Rajeg, instruktur mulai ngeluarin properti traffic cone oranye itu, saya langsung protes kecil karena ngira mau belajar main zig-zag lagi eh ternyata itu patok buat belajar parkir ahahah. Dasar siswa bawel ya begini deh.

Sebelum mulai, saya diminta memperhatikan dari luar, jadi cuma instruktur yang mengendarai sambil menjelaskan. Nah namanya juga pemula amatiran ya, nyebutnya parkir mundur sama parkir serong. Ternyata yang benar adalah parkir seri sama parkir paralel hahahaha. Astagah malu loh Ceu. Sayangnya karena mulai latihannya telat, jadi nggak terlalu berasa waktunya, tau-tau udah selesai. Saya pun diminta untuk mengendarai mobil keluar dari pelataran parkir.

Kali ini rutenya Pondok Rajeg – GDC – Jl. Citayam – Jl. Dewi Sartika – Jl. Margonda Raya. lagi-lagi sepanjang jalan saya banyak dikoreksi posisi setirnya hiks, emang harus ambil jam tambahan nih biar lebih oke. Sampai di depan kantor BNI Margonda, saya tukeran posisi sama instrukturnya dan mobil pun melaju kembali ke kantor RDC. Tanpa terasa hari ini adalah hari latihan terakhir, tapi saya belum lancar-lancar juga niiih hiiikss. Teknik pengajaran sendiri menurut saya udah bagus, cuma ya kembali lagi sih ke kemampuan daya tangkap masing-masing siswa :'( mungkin emang harusnya pegang sodet aja di rumah bukan pegang setir.

Seperti biasa, di akhir sesi latihan, instruktur mengisi borang penilaian dan bodohnya saya lupa baca dengan teliti point penilaiannya cuma asal tanda tangan karena tadi lagi fokus isi data siswa yang dikasih sama Mbak Anna (bagian admin RDC •red). Tinggal nanti tunggu kabar untuk jadwal Defensive Theory Training (DTT) sebagai penutup latihan. Untuk lebih jelasnya, tunggu tulisan selanjutnya yaa kalau saya udah dapet jadwalnya. Terima kasih :)


***

Akhirnya selesai juga, so far kesan-kesan kursus di RDC Depok lebih ke segi positif. Negatifnya? Hmmm..kurang lama! Hahaha *maruk*, karena kalau udah pegang kemudi, 2 jam itu sebentar banget lho, serius deh. Apalagi kalau jalanannya macet, tau-tau udah kelar aja kan latihannya. Ditambah lagi kalau siswanya tukang telat kaya saya #eh.

Mobilnya nyaman, bersih dan nggak bau rokok sama sekali walaupun instrukturnya merokok, saya nggak pernah pulang ke rumah dengan rambut atau baju bau rokok tuh. Instrukturnya santai, ramah, nggak kaku, informatif, nggak suka bantu injak kopling atau rem kalau nggak darurat-darurat amat (ini positif lho, karena kalau sering dibantu, yang ada pas kita bawa mobil sendiri malah jadi kagok) dan pastinya biaya yang dikeluarkan juga transparan, nggak perlu tambah uang bensin atau bahkan tambah duit segala kalau mau pakai AC (efek baca pengalaman orang lain di kursus lain hehehe), ya elahh Ceu naik taksi aja AC-nya nggak ditagih :p

Uang tips instruktur? Well saya sendiri ngasih, karena emang untuk terima kasih udah diajarin nyetir sedemikian rupa dari yang mulai nol nggak tau apa-apa sampai bisa turun ke jalan walaupun masih sering dibenerin setirnya karena terlalu minggir kiri atau kanan. Atau suka kurang injak kopling, rem atau gas, ya abisan kan itu semua juga kaitannya sama "feeling". Bukan pacaran doang yang butuh feeling keleuss, nyetir juga wajib pakai feeling.

Yang sangat disayangkan cuma satu, yaitu, saya nggak sempat latihan sama Mas Darno, instruktur yang namanya sering nongol di blog-blog lain jadi kesannya legend banget hahahaha. Yang bersangkutan lagi libur sih.. *dadah-dadah siapa tau yang bersangkutan baca, hihi*

Anyway, saya tetap masih merasa butuh jam tambahan sih untuk ngelancarin bawa mobil manual, baru setelah itu belajar untuk mobil matic karena dodolnya kebetulan akhirnya malah beli mobil matic. Di RDC sendiri bisa ambil paket untuk ngelancarin skill mengemudi, namanya Accelerate Training Program (ATP), bisa juga ambil jam tambahan tanpa paket, biaya per jamnya jadi Rp. 150,000 dengan durasi latihan maksimal 2 jam. Mau seharian penuh dari pagi buta sampe malem? Silahkan ngerental mobil aja gih hakhakhak~ *disambit pembaca*

Oh iya, RDC juga bisa mengeluarkan sertifikat keterampilan mengemudi dengan tambahan biaya IDR 30.000. Yah siapa tau kan ada yang butuh sertifikasi pengakuan hihihi.

Nah kalau ada warga Depok yang lagi cari kursus nyetir juga, baik untuk mobil matic atau manual, bisa langsung kontak ke 021-77200248, atau bisa langsung dateng untuk tanya-tanya lebih jauh ke kantor RDC di :
D'Mall Branch
Ruko D'Mall (Depok Mall) Blok B No.36 
Jl. Margonda Raya, Kemirimuka Depok

Happy Driving! Safety First! ^^

1 comment:

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS