Pages

(RUSIA) День Победы, Hari Kemenangan di Moskow

Monday, June 22, 2015

Di Rusia, tanggal 9 Mei setiap tahunnya, diperingati sebagai Hari Kemenangan atau Victory Day atau День Победы (Jen' Pobedy). День Победы ini adalah untuk memperingati kemenangan tentara merah Rusia (Red Army) atas gempuran Nazi Jerman dalam perang dunia kedua dulu. Walaupun sebenarnya kemenangan ini tidak diakui oleh pihak Barat, toh bagi masyarakat Rusia, 9 Mei adalah hari kemenangan mereka. Titik.

С праздником!

Kalimat di atas dibaca "S prazdnikom!", diucapkan saat masyarakat Rusia merayakan hari-hari tertentu, dan merupakan kependekan dari kalimat Поздравляем c праздником (Pazdravlyayem s prazdnikom!) yang bisa diartikan kurang lebih sebagai selamat kepadamu atas hari (raya) ini. Saat perayaan 9 Mei 2015 kemarin, banyak masyarakat yang menggunakan pita berwarna hitam dan oranye seperti di bawah ini yang disebut pita St. George. Pita ini akan diikatkan dimanapun seperti di tas, tangan, tali kamera sampai gagang pintu mobil atau sekedar dibentuk pita dan ditempelkan di baju. Dan pita itu bisa tetap ditempatnya hingga berhari-hari setelah День Победы usai.
Sebenarnya sih pita tersebut bisa didapatkan secara gratis karena di jalan-jalan atau area umum ada yang membagikan pita tersebut untuk merayakan День Победы ini. Tapi sayangnya saya belum beruntung karena sampai perayaan dimulai, saya nggak ketemu orang yang membagikan pita ini secara gratis, yang menjual pun nihil. Bahkan ada pengalaman menyebalkan saat mencari pita ini. Jadi sehari sebelum perayaan, saya dan teman-teman saya sedang berkeliling dengan menggunakan metro. Di salah satu stasiun metro kami melihat ada seorang perempuan paruh baya yang sedang menggenggam banyak pita yang sedang kami cari-cari ini. Akhirnya teman saya mengajak saya untuk menghampiri perempuan tersebut untuk meminta atau kalau perlu membeli, tapi baru saja teman saya mau berbicara, tiba-tiba dengan tampang datar dan dingin plus nada yang lugas (kalau nggak bisa dibilang ketus), perempuan itu langsung berkata "Нет!" alias "Nggak!". Duh Ceu, rasanya ditolak sebelum ngomong itu yah..sakiittt. Hahaha. Emang nasib deh.

Di hari ini jalan-jalan utama yang bakal dilewati iring-iringan kendaraan Presiden Putin dan jajarannya akan ditutup sehingga orang-orang yang ingin menyaksikan iring-iringan tersebut harus berdesakan di pinggir jalan yang sudah dipagari dan dijaga polisi secara ketat atau mencari spot bagus entah di atas jembatan atau dari balkon hotel bagi yang mampu membayar (kabarnya mereka yang mau menonton dari balkon hotel di sekitar area yang akan dilewati parade, harus membayar dengan jumlah yang lumayan supaya bisa masuk ke hotel).

Metal Detector di Sekitar Area Tempat Masyarakat Menonton Parade
Salah satu pemandangan saat iring-iringan pesawat tempur menuju Kremlin.
It was really A-M-A-Z-I-N-G!
OMG Look!!!

Russia! Russia! Russia!
Masyarakat Rusia dikenal cukup fanatik dengan pemimpinnya saat ini yaitu Presiden Vladimir Putin atau biasa dikenal dengan Putin, dan berada di tengah-tengah masyarakat Rusia saat perayaan hari kemenangan itu menjadi pemandangan yang sangat menarik dan berkesan. Bayangkan aja, di pagi hari mereka bela-belain menyusuri jalan demi mendapat spot yang strategis. Belum lagi yang sampai memanjat pohon yang semrawut dengan lilitan kabel lampu, mereka benar-benar tidak peduli dengan keselamatan, sepertinya yang ada di pikiran mereka saat itu cuma bagaimana bisa melihat parade kendaraan militer di jalan yang sudah steril dengan jelas di saat orang lain harus berjinjit bahkan digendong pacar atau keluarga yang lebih tinggi, apalagi kemarin juga ada moment dimana segala macam pesawat tempur milik Rusia melintas untuk menuju komplek Kremlin, dan luar biasanya, mereka terbang rendah! Cuma 1 kata yang bisa menggambarkan hari itu : GILA!

Segala atap, mulai dari atas toilet umum sampai atap toko dipenuhi masyarakat yang sangat antusias menonton parade terutama untuk melihat parade kendaraan militer termasuk iring-iringan pesawat tempur segala jenis. Suasananya kurang lebih tergambar dalam foto-foto yang saya sempat ambil di bawah ini.
Toilet Umum yang atapnya ikut dijajah sampai hampir amblas 
Monumen berbentuk pensil-pensil ini tidak luput dari orang-orang yang mencari spot strategis.
Sampai saat ini saya gagal paham dengan cara mereka bisa mencapai puncak pensil. Ada yang lancip lho itu..
Pohon berdaun manusia :p
Atap toko yang juga diduduki oleh para pengunjung.
Para polisi yang menghalau dari bawah pun nggak mempan sama sekali alias dicuekin!
Saat itu juga jangan heran kalau melihat banyak orang yang menggunakan atribut palu arit atau orang Rusia menyebutnya sebagai "советский герб (sovyetskii gerb atau simbol soviet)" mulai dari sekedar bros di baju, tas atau topi sampai membawa bendera besar bergambarkan palu arit. Ya, masih banyak masyarakat Rusia yang, istilahnya belum move-on, dan masih berpikiran bahwa kondisi Rusia jauh lebih baik saat masih berbentuk USSR dan menurut mereka komunisme bukan sesuatu yang sepenuhnya buruk. Saya pun sempat membeli beberapa merchandise dengan gambar советский герб tersebut untuk kenang-kenangan, tapi bukan di Moskow, melainkan di Volgograd, dimana kita bisa menemukan simbol terkait Leninisme, soviet dan komunisme jauuuuuh lebih banyak, hehehe.
Penjual bendera dan topi tentara saat parade berlangsung
Suasana stasiun bawah tanah di hari kemenangan.
Banyak keluarga yang kehilangan anggota keluarganya di masa perang tersebut,
berjalan beriringan dengan membawa foto keluarganya.
Menurut berita yang beredar, perayaan hari kemenangan ke-70 kemarin adalah yang terspektakuler sepanjang sejarah. Berita lebih lengkapnya bisa disimak di situs RBTH ini : Parade Hari Kemenangan 2015, Paling Spektakuler Sepanjang Sejarah Rusia Modern.

Di день победы kemarin juga saya sempat gemas dengan beberapa anak kecil yang didandani layaknya Tentara Merah di jaman Perang Dunia Kedua, lengkap dengan topi dan bootsnya, orang-orang pun bebas untuk berfoto bersama asalkan meminta ijin kepada orangtuanya terlebih dahulu, tanpa harus membayar. Salah satu contohnya, dedek ganteng di bawah ini, hihihihi
Totally cute boy in uniform :D
Setelah perayaan parade di pagi hari, akan ada pesta kembang api di malam harinya dan masyarakat pun kembali berduyun-duyun meramaikan suasana hingga lewat tengah malam. Pestanya sendiri baru dimulai sekitar jam 11 malam karena matahari di Moskow dan kebanyakan kota lainnya di Rusia baru terbenam sekitar jam 8-9 malam. Sayangnya, saat itu saya memilih untuk tiduran di hostel sementara dua teman saya pergi ke sekitar Kremlin untuk menyaksikan pesta itu. Bukannya malas atau mau menyia-nyiakan waktu tapi kaki, punggung dan tangan saya udah kaku parah karena dipaksa jalan jauh naik turun tangga sampai naik turun bukit demi menuju МГУ dan juga karena sempat kepayahan menarik-narik koper di saat pertama sampai di Moskow. Malam itu saya harus cukup puas menikmati kembang api di langit dari sela-sela jendela kamar hostel saya sambil sibuk menempelkan koyo di sekujur badan. Yang penting saya udah sempat menyaksikan bagaimana keriaan hari kemenangan di Moskow dan pastinya nggak akan terlupakan.

Akhir kata, С праздником! ;)

3 comments:

  1. Terima kasih sudah mau berbagi pengalaman. banyak hal yang ingin saya tanyakan, apakah bisa melalui email
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi,

      Silahkan bisa dibabar di sini aja siapa tau ada pembaca lain yg ternyata butuh informasinya juga. Feel free to ask, saya akan jawab sebisa saya :)

      Terima kasih udah mampir ya :)

      Delete
  2. selamat malam mba. mau tanya hostel nya di Moscow apa namanya ya mba, terima kasih

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS