Pages

(RUSIA) Kalap Belanja di Pasar Izmailova, Moskow

Monday, June 22, 2015

Nggak lengkap rasanya jalan-jalan tanpa berburu oleh-oleh. Ya sebenernya sih saya bukan tipikal orang yang gemar memborong banyak oleh-oleh, biasanya saya cuma beli beberapa untuk keluarga terdekat aja, atau kalau ada kerabat dan teman yang titip sesuatu tapi tentunya sambil menitip uangnya juga. Bukannya saya nggak mau beli oleh-oleh buat semuanya tapi saya mah realistis aja, terkait bobot bawaan dan biaya yang dikeluarkan. Kalau ada yang bilang, ah paling berapa sih harga pernak-pernik buat oleh-oleh? Ya iya nggak seberapa, tapi kan nggak mungkin cuma beli satu buah, misalnya ada minimal 20 orang yang mau dikasih, harus keluar berapa?? Saya juga nggak mau pusing harus mendata beli buat si ini dan si itu yang ujung-ujungnya mumet sendiri, apalagi saya bukan jenis orang yang suka meminta oleh-oleh, kecuali ke keluarga inti alias orangtua atau saudara kandung. Jadi terlepas dari tradisi oleh-oleh di Indonesia, jujur dari hati yang terdalam, saya nggak merasa punya kewajiban untuk membeli oleh-oleh kecuali kalau sebelum pergi saya sempat merepotkan beberapa pihak dan mau memberi sesuatu sebagai ucapan terima kasih. Kalau mau tau alasan lainnya kenapa kita nggak seharusnya terbiasa minta oleh-oleh, silahkan baca tulisan ini ya hihihi : Jangan (Biasakan) Minta Oleh-oleh pada Teman yang Bepergian.

Измайловский Кремль (Izmailovskiy Kremlin)
Pasar Izmailova terletak di balik bangunan ala istana boneka ini.

Oke cukup ngelanturnya, kembali ke soal belanja oleh-oleh, sebenarnya banyak toko souvenir di kota Moskow (dan juga di Saint Petersburg) tapi untuk kali ini please percaya lah sama saya (nggak kok, nggak akan musyrik) harga termurah dan pilihan beragam cuma ada di Pasar Izmailovskiy atau biasa dikenal dengan sebutan Izmailova (Измайловский Рынок / Ismailovskiy Rynak), yang terletak di pinggiran kota Moskow. Walaupun untuk hal kualitas, barang-barang di Pasar Izmailova ini tergolong standar menengah alias biasa-biasa aja. Kalau mau yang berkualitas tinggi, monggo menyusuri jalan Arbat, tapi jangan teriak mahal ya pas tau harganya karena souvenir di Arbat terkenal akan kualitasnya yang tinggi dan alhasil harganya pun juga tinggi. Intinya, ada harga, pasti ada rupa.

Emang di Pasar Izmailova bisa beli souvenir apa aja?
Banyak..mulai dari матрёшка (matryoshka, boneka berisi boneka-boneka lain dengan ukuran lebih kecil alias Russian nesting dolls), шапка dan ушанка (shapka dan ushanka, topi bulu musim dingin khas Rusia yang terbuat dari bulu kelinci, rubah atau bulu sintetis), pajangan keramik berbentuk telur paskah berbagai ukuran yang bisa digunakan sebagai tempat menyimpan perhiasan atau permen, handmade scarf khas Rusia dengan berbagai corak yang menarik, magnet kulkas, kartu remi bertema Rusia dan Soviet, gantungan kunci berbagai bentuk, kostum khas Rusia, kaos-kaos bergambar simbol-simbol Rusia dan USSR, sampai pernak-pernik ala Soviet dan tentara merah / Red Army seperti baju tentara, botol minum atau flask, korek gas, emblem bertema USSR atau Rusia, topi tentara sampai bendera.

Deretan matryoshka yang dijual di Pasar Izmailova

Salah satu contoh Ushanka. Saya beli yang sama persis
seperti di foto ini hanya seharga 350 rubel! 

Harganya sekitar berapaan sih? Apa iya jauh lebih murah dari tempat lain? Perasaan situ aja kalii..
Monggo bisa dibandingin kok. Matryoshka ukuran kecil dengan isi 5 buah di Pasar Izmailova dihargai sekitar 200-250 rubel dan yang isi 3 buah malah cuma 100 rubel. Sedangkan kalau kita lihat di toko souvenir di Moskow harganya sekitar 500-800 rubel, malah di toko-toko souvenir di Saint Petersburg harganya bisa mencapai 1500 rubel untuk ukuran yang kurang lebih sama. Yang paling fantastis adalah ushanka, di Pasar Izmailova, saya membeli ushanka bulu sintetis tapi asli buatan Rusia dengan bros bergambar simbol Federasi Rusia, dengan harga 350 rubel (teman saya bisa nawar sampai dapat 300 rubel ternyata, hiks hiks) dan ketika saya iseng cek harga ushanka di Volgograd, harganya paling murah 1500 rubel, tanpa bros! Yang ada brosnya dan berbentuk sama persis dengan yang saya beli, dihargai sekitar 3000 rubel. Speechless lho dan langsung kepingin balik lagi ke Pasar Izmailova untuk borongan..

Liat deh label harganya, lumayan murah kan?
Ada juga yang masih bisa ditawar lho!

Mau cari yang hemat tempat aja ah oleh-olehnya supaya nggak berat..
Coba beli magnet kulkas atau gantungan kunci deh. Magnet kulkasnya ada yang berbentuk matryoshka kecil pipih atau yang berbentuk setengah matryoshka sekitar 5 cm, ada juga yang bergambar kota Moskow. Harganya sekitar 30-80 rubel tergantung modelnya. Sedangkan untuk gantungan kunci bisa dibeli dengan harga sekitar 50-150 rubel. Untuk yang seharga 150 rubel itu kita sudah bisa mendapat gantungan kunci model bag charm yang nggak kelihatan murahan.

Itu beneran pasar? Nggak enak dong tempatnya, kumuh-kumuh becek gitu?
Eits jangan salah, ini kan pasar oleh-oleh, bukan pasar sayuran dan daging-dagingan hehehe. Menurut saya sih walaupun masuk ke jenis pasar outdoor, kondisi Pasar Izmailova itu sangat bersih, rapi dan teratur. Para pedagang nggak asal gelar lapak sembarangan tapi udah ada kios-kiosnya yang terbuat dari kayu. Semakin ke dalam, semakin banyak pilihan souvenir yang bisa diborong. Nggak usah takut kotor lah pokoknya, kalo takut kalap itu WAJIB :p

Suasana di bagian bawah Pasar Izmailova.
Bersih dan teratur.

Bisa pakai kartu kredit nggak belanja di Pasar Izmailova? Kehabisan rubel nih..
Di pasar ini, setau saya sih hampir semuanya cuma terima uang tunai. Kalaupun nggak ada rubel, beberapa ada yang mau terima US dollar tapi rate-nya mereka yang menentukan. Jadi kalau bisa siapin dulu rubelnya ya. Bisa ambil tunai lewat ATM yang ada di mall-mall atau di sekitar bank. Di sekitar Pasar Izmailova sendiri ada beberapa money changer tapi menurut saya rate-nya kurang bagus misalnya saat saya tukar US dollar ke rubel, di pusat kota bisa sekitar 50-51 rubel per 1 US dollar tapi di sekitar Pasar Izmailova cuma dapat sekitar 48-49 rubel. Keliatannya sih sedikit bedanya tapi kalau kita menukar dalam jumlah banyak, berasa lho ruginya.

Bisa ditawar nggak? Ada sistem grosir nggak sih di sana?
Bisa dan Ada. Iya, bisa ditawar dan ada grosiran juga. Kalau bingung cara nawarnya, pakai bahasa Inggris campur bahasa Tarzan juga bisa walaupun nggak semempan kalau pakai bahasa Rusia ya. Atau kalau mau praktisnya, bawa kalkulator kecil atau pakai kalkulator di ponsel dan tunjukkan harga yang kita minta. Kalau nggak dikasih, berlagak pergi aja, mirip kok di Indonesia, bisa tiba-tiba si penjual manggil kita lagi bahkan kemarin itu teman saya sampai dicari dan diuber lho sama penjual ushanka yang sempat dia tawar hahaha. Eh tapi nawarnya jangan terlalu sadis ya, bisa-bisa malah diusir! Kalau mau grosiran, bilang aja dari awal, biasanya suka dikasih diskon kok tapi sebelumnya jangan lupa survey harga dulu ya biar nggak kecele alias dibohongin hihi.


Oke kalo gitu, cara pergi ke Pasar Izmailova gimana ya?
Lumayan gampang kok asal udah paham cara naik metro. Cukup naik metro dengan jalur biru (perhatikan peta metro untuk tau harus transit di mana) dan turun di stasiun Партизанская (Partizanskaya), bukan turun di Измайловская (Izmailovskaya) ya, lalu tinggal berjalan kaki keluar stasiun metro menuju Pasar Izmailova yang ada di jalan Parkovaya. Kalau udah kelihatan bangunan seperti istana boneka berarti sudah dekat. Karena Pasar Izmailova terletak di balik bangunan yang bernama Измайловский Кремль (Izmailovskiy Kreml') itu. Kita cukup jalan terus melewati bagian dalam bangunan itu sampai nanti ketemu jalan menurun dan tangga yang terbuat dari kayu gelondongan. Di lantai atas biasanya hanya barang-barang antik, barang bekas dan permadani, kita harus turun tangga kayu tersebut untuk mencapai deretan penjual oleh-oleh. Sampai deh!
Bagian dalam Izmailovskiy Kremlin, sebelum memasuki Pasar Izmailova

Selamat berburu, dan tetap waspada dengan barang bawaan ya! ;)

8 comments:

  1. Kemarin dah sempet niat kesini juga tapi terus udah keburu capek abis naik train sapsan dar SPB, cuma klo diliat kmrn smpt dpt suvenir hrg mayan miring jg di smolenskaya

    ReplyDelete
  2. Thx infonya, ijin share yah, Agustus 2016 ada trip kesana

    ReplyDelete
  3. Thx infonya, ijin share yah, Agustus 2016 ada trip kesana

    ReplyDelete
  4. Mas, bgmn perjalanan ke moscow ? Saya rencana kesana April 2017.

    ReplyDelete
  5. Saya pertengahan mei mau mengunjungi kakak di moscow. Selain souvenir rusia, tempat belanja barang branded di sana dimana? Siapa tau lagi musim diskon, hehe... Thanx

    ReplyDelete
  6. Gan, kalau mau ke Vladivostok perlu berapa hari ya ?

    ReplyDelete
  7. Ada koleksi topi nya mba yang mau dijual, saya beli dong klo ada

    ReplyDelete
  8. thanks buat tipsnya...rencana akhir April kesana. masih bingung beli makanan halal apa yang gak ribet selama di perjalanan ?.

    ReplyDelete

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS